3 Dasar Pendekatan Etika Lingkungan Hidup yang Wajib Dipahami

26 Nov 2016   Lingkungan
Penulis : Syaban Abdullah Amir   dilihat 19.513 kali

ISO 14001 sebagai standar Sistem Manajemen Lingkungan (SML) bertujuan untuk memberikan kerangka kerja kepada organisasi dalam upaya melindungi lingkungan. Selain itu juga memberikan respon terhadap perubahan kondisi lingkungan dalam menyeimbangkan kebutuhan sosial ekonomi.

Untuk meningkatkan kesadaran dalam implementasi ISO 14001, sangat diperlukan keseimbangan antara hardskill dan pembentukan moral pelaku terkait cara memandang lingkungan hidup.

Organisasi atau perusahaan harus memahami bahwa permasalahan lingkungan merupakan permasalahan moral dan permasalahan etika. Dengan pemahaman yang baik, implementasi ISO 14001 bukanlah suatu keterpaksaan melainkan kesadaran yang harus dilakukan oleh setiap organisasi atau perusahaan.

Untuk membantu memahami pentingnya SML, 3 dasar pendekatan etika lingkungan hidup di bawah ini dapat menjadi inspirasi.

1. Dasar Pendekatan Ekologis
Memahami dengan baik keterkaitan yang luas antara tindakan manusia pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang akan memberikan dampak yang tak diperkirakan.

Kerusakan lingkungan yang ada sekarang bisa jadi karena tindakan pendahulu kita yang tidak peduli terhadap lingkungan hidup, tindakan kita saat ini menentukan kondisi lingkungan yang akan datang, akan kah kita mengorbankan anak cucu dengan memberikan kondisi lingkungan yang lebih buruk?

2. Dasar Pendekatan Humanisme
Setara dengan pendekatan ekologis, pendekatan humanis menekankan pentingnya tanggung jawab kita untuk hak dan kesejahteraan manusia lain atas sumber daya.

Dasar ini menjelaskan bahwa dalam melakukan eksploitasi sumber daya alam harus dilakukan secara bertanggung jawab, karena manusia yang lain juga memiliki hak dan kesejahteraan atas sumber daya tersebut.

Pendekatan humanis mengingatkan agar manusia tidak serakah dalam menggunakan sumber daya alam yang ada.

3. Dasar Pendekatan Teologis
merupakan dasar dari kedua pendekatan sebelumnya, bersumber dari agama dengan nilai-nilai luhur dan mulia ajarannya. Menunjukkan bagaimana alam sebenarnya diciptakan dan bagaimana fungsi manusia serta interaksi yang selayaknya terjalin antara alam dengan manusia.

Dasar ini menjelaskan bahwa berbagai sumber agama mengajarkan manusia untuk harus menjaga keseimbangan alam, segala sesuatu yang diciptakan di bumi ini memiliki manfaat dan peranan masing-masing.

Manusia harus menyadari bahwa manusia membutuhkan alam termasuk mahluk hidup lain dalam menjalankan kehidupan yang ada.

Baca juga:

——

Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 17 Feb 2021 - 18 Feb 2021
  • Public Training - Calibration All Package
    Cikarang, 17 Feb 2021 - 19 Feb 2021
  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - QCC 7 TOOLS
    Jakarta, 14 May 2020