3 Rahasia Menjadi Pemimpin yang Efektif

28 Aug 2016   Organisasi dan SDM
Penulis : Imanuel Iman   dilihat 1.748 kali

Ilustrasi oleh Nishant Choksi (NewYorker.com)

Kualitas pemimpin bukan dilihat dari keberhasilannya dalam menyelesaikan masalah saat ini, melainkan kecakapannya membuat perusahaan tetap bagus dalam jangka panjang. Meski pemimpin tersebut sudah tidak lagi menjabat.

Untuk bisa mencapai kondisi tersebut, seorang pemimpin harus bekerja dengan cara yang efektif. Bagaimana caranya?

1. Menciptakan pemimpin-pemimpin selanjutnya
Sejatinya seorang pemimpin bukanlah individual problem solver. Pemimpin adalah coach yang bisa memenangkan pertandingan melalui pemberdayaan orang. Menciptakan orang-orang hebat berikutnya yang mampu memimpin dan memecahkan masalah.

Ketika seorang pemimpin memiliki staff yang hebat serta tim yang kuat, tentunya dia bisa melakukan banyak hal strategis ketimbang mengurus masalah harian.

2. Menetapkan arahan strategi improvement
Kondisi persaingan yang kian ketat saat ini membuat perusahaan hanya mempunyai dua pilihan, improve or die. Perubahan teknologi, kenaikan biaya gaji diiringi inflasi tahunan dan konsumen yang semakin pinatar menuntut kualitas servis atau produk lebih baik dengan harga lebih murah. Ditambah pesaing-pesaing yang kian menantang.

Jika pemimpin-pemimpin perusahaan hanya sibuk pada rutinitas sedangkan kondisi terus berubah, maka bisa dipastikan perusahaan secara perlahan akan mati. Oleh karena itu, para pemimpin harus mampu membuat perubahan. Memetakan masalah, meramu strategi perbaikan dan menetapkan prioritas sesuai dengan amunisi perusahaan yang ditujukan tepat sasaran.

3. Menciptakan sistem
Improvement tidak bisa hanya dilakukan secara spontan tetapi dijalankan dengan cara sistemis. Bakukan praktek yang sudah bagus ke dalam aturan atau sistem sehingga dapat dijadikan acuan bagi siapa saja yang bekerja dan generasi berikutnya.

Orang bisa berganti setiap saat, tetapi sistem harus tetap eksis. Siapapun orangnya, output akan tetap sama karena ada sistem yang menjaganya.

Itulah tiga rahasia sukses dalam memimpin perusahaan yang dapat menjadi bahan renungan kita. Sudahkah kita menjadi pemimpin yang efektif?

Baca juga:

——

Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 13 Nov 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 06 Nov 2018
  • Optimize Risk Management To Improve Company
    Bekasi, 16 Oct 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 09 Oct 2018
  • Knowledge Sharing Tips Penyusunan & Pelaporan Dokumen Lingkungan Hidup 04 Oktober 2018
    Karawang, 04 Oct 2018