3 Tipe Pemimpin dalam Memecahkan Masalah

21 Jun 2016   Organisasi dan SDM
Penulis : Imanuel Iman   dilihat 1.638 kali

“Your ability to solve problems and make good decisions is the true measure your skill as a leader”

Kutipan di atas berasal dari Brian Tracy seorang Coach dan penulis ternama kelahiran Kanada. Seorang pemimpin dapat dilihat kecakapannya ketika dia sedang menghadapi masalah dan membuat keputusan.

Menurut saya ada tiga tipe pemimpin dalam memecahkan masalah. Silakan dibaca, mungkin Anda adalah masuk ke dalam salah satunya.


1. Pemimpin Tipe Pemadam Kebakaran
Pemimpin tipe ini adalah pemimpin yang bekerja cepat setelah ada “kebakaran”. Mengambil tindakan untuk segera memadamkan api namun tindakannya hanya sebatas menghilangkan masalahnya saja, tidak mencari akar penyebab kebakaran. Api padam, tugas selesai.

Misalnya mesin rusak, segera memerintahkan untuk memperbaiki mesin yang rusak. Material datang terlambat, follow up untuk mempercepat kedatangan material. Produksi terlambat, memerintahkan untuk lembur guna mengejar keterlambatan. Atau jika ada karyawan baru melakukan kesalahan, segera menegur karyawan supaya karyawan tersebut tidak mengulangi kesalahan.

Pemimpin tipe ini tidak memberikan warisan untuk perusahaan. Selama dia memimpin perusahaan, kebakaran memang cepat tertangani namun jumlah “kebakaran” (masalah) tidak berkurang.

2. Pemimpin tipe Individu Pemecah Masalah    
Pemimpin tipe ini adalah pemimpin yang pintar. Pemimpin tidak hanya bekerja untuk memadamkan api tetapi juga mempelajari akar penyebab “kebakaran”. Melakukan perbaikan terhadap akar masalah sehingga masalah secara perlahan bisa berkurang.

Misalnya banyak terjadi kebakaran, pemimpin kemudian terjun langsung melakukan analisa. Menemukan bahwa kebakaran banyak terjadi karena instalasi sistem kelistrikan yang tidak baik, kemudian memerintahkan untuk melakukan perbaikan pada  sistem kelistrikan.

Tipe pemimpin seperti ini adalah tipe pemimpin yang dominan dalam bekerja, terjun langsung melakukan analisa dan memerintahkan tindakan yang harus dilakukan. Warisan dari pemimpin tipe ini adalah perusahaan yang lebih stabil, kebakaran yang lebih sedikit karena perbaikan sudah lebih mengarah ke akar masalah. Kelemahan tipe pemimpin seperti ini adalah memiliki karyawan yang terbiasa pasif atau bekerja sesuai arahan.  
 
3. Pemimpin tipe coach
Pemimpin tipe ini adalah pemimpin yang fokus pada pembinaan (coach). Mengajarkan tim untuk memiliki kemampuan analisa yang baik. Mendiskusikan masalah, mendorong tim untuk memecahkan masalah, melakukan bimbingan hingga tim mampu memecahkan masalah dengan baik.

Pemimpin seperti ini adalah tipe pemimpin yang walaupun sibuk dengan keseharian namun masih tetap mau meluangkan waktu  untuk melakukan bimbingan.  Warisan dari pemimpin tipe ini adalah perusahaan yang stabil karena tim yang hebat.

Termasuk tipe pemimpin seperti apakah Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar. 

Baca juga:

——

Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Risk Management To Improve Company
    Bekasi, 18 Dec 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 05 Dec 2018
  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 04 Dec 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 27 Nov 2018
  • Awareness & Internalaudit ISO 9001:2015 Sentral Sistem Consulting November 2018
    Bekasi, 27 Nov 2018 - 29 Nov 2018