Apa itu Manajemen Krisis ? Apa Perbedaannya Dengan Manajemen Risiko ?

30 May 2018   Manajemen Perusahaan
Penulis : Imanuel Iman   dilihat 332 kali

 

Saat perusahaan sedang mengalami permasalahan, perusahaan perlu segera melakukan tindakan cepat untuk menyelesaikan masalah. Tindakan ini berguna untuk mencegah perusahaan terjerumus ke permasalahan yang semakin dalam. Tindakan untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi saat ini di sebut Manajemen Krisis. Namun apakah Manajemen Krisis dapat membuat perusahaan bertahan dalam persaingan?

Manajemen Krisis merupakan tindakan setelah kejadian. Jika perusahaan HANYA mengandalkan sistem seperti ini, maka perusahaan akan terjebak pada sistem manajemen pemadam kebakaran, yang bekerja setelah ada masalah. Oleh karena itu, selain memiliki sistem pengendalian masalah, Perusahaan juga perlu memiliki sistem untuk mencegah permasalahan yang akan muncul di masa yang akan datang. Permasalahan yang bisa terjadi akibat adanya perubahan internal atau external yang bisa berdampak pada masalah atau peluang di masa depan, sebagai contoh :

  • Beberapa perusahaan memiliki gap generasi, dimana karyawan yang dimiliki adalah karyawan senior (yang akan pensiun) dan karyawan yang junior. Saat ini perusahaan memang tidak mengalami masalah, namun berpotensi untuk mendapatkan masalah saat para Senior pensiun. Jika tidak ada transfer knowledge kedalam sistem perusahaan, maka segala ilmu dan pengalaman akan hilang bersama dengan pensiun nya para senior perusahaan. Dalam beberapa tahun kedepan perusahaan akan mengalami masalah, terutama jika para junior tidak siap. Banyaknya karyawan yang akan pensiun menjadi perubahan internal yang akan terjadi di masa depan, yang berpotensi menimbulkan masalah pada perusahaan, atau biasa disebut Future Problem.
  • Pemerintah mengeluarkan aturan, “ Hanya perusahaan yang memiliki ijin Importir yang bisa import barang”, peraturan tersebut akan berdampak
    • Negatif, bagi perusahaan dagang yang tidak memiliki ijin karena tidak bisa lagi mendatangkan barang melalui jasa logistik.
    • Positif, bagi perusahaan dagang yang memiliki ijin, karena pasokan barang menjadi lebih terkendali.
  • Jika perusahaan tidak siap, perusahaan yang tidak memiliki ijin akan mati. Di sisi lain ada potensi kelangkaan barang karena beberapa pemasok tidak bisa mendatangkan barang. Kelangkaan barang mendatangkan peluang bagi pemasok lokal dan perusahaan yang memiliki ijin importir untuk mendatangkan barang lebih banyak. Peraturan baru dari pemerintah yang biasanya tidak langsung diberlakukan, merupakan perubahan external yang terjadi, yang bisa berdampak negatif (menjadi Future Problem), atau berdampak positif (Future opportunity).

Teknik untuk mengidentifikasi Future problem atau Future Opportunity kita kenal dengan istilah Manajemen Risiko (Risk Management). Manajemen Risiko adalah suatu teknik untuk melakukan prediksi permasalahan atau peluang yang akan muncul di masa depan.

LALU APAKAH MANAJEMEN RISIKO LEBIH BAIK DARIPADA MANAJEMEN KRISIS ? TENTU SAJA TIDAK ! PERUSAHAAN TIDAK AKAN BISA HIDUP DI MASA DEPAN, JIKA HARI INI SAJA TIDAK MAMPU BERTAHAN.

Kedua ilmu manajemen tersebut tetap diperlukan. Pada siklus PDCA (Plan – Do – Check – Action), manajemen krisis digunakan pada tahapan Check dan Action, sedangkan manajemen risiko digunakan pada tahapan Plan. Kesalahan umum yang sering terjadi adalah perusahaan adalah menyepelekan bagian Plan pada PDCA. Sentral Sistem Consulting memiliki metode penyempurnaan PDCA menjadi PCA-DCA (Plan – Check – Action – Do – Check – Action), yaitu memperkuat dan mempertajam Plan pada Siklus PDCA untuk memastikan perusahaan dapat maksimal menangkap peluang dimasa depan dan optimal dalam mencegah potensi masalah yang mungkin terjadi.

 

Ikuti Seminar Risk Manajemen Vs Krisis Manajemen untuk mendapatkan CONTOH NYATA perusahaan yang berhasil melakukan peningkatan kinerja melalui penerapan Manajemen Risiko dan Manajemen Krisis.

 

--

 

Sentral Sistem Consulting merupakan konsultan strategi manajemen yang fokus pada peningkatan kinerja perusahaan. Hubungi kami disini  untuk pelaksanaan training dan konsultasi terkait dengan manajemen risiko maupun manajemen krisis.

Telepon : 021 2906 7201 - 3. Hotline : 0821-1133-2010. Email : info@sentralsistem.com



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 04 Dec 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 21 Nov 2018
  • Problem Solving and Decision Making
    Jakarta Timur, 13 Nov 2018
  • SENTRAL IMPROVEMENT 2018
    Bekasi, 06 Nov 2018 - 04 Dec 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 06 Nov 2018