Bagaimana Sentral Sistem Membantu Proses Transformasi Perusahaan

21 Jul 2016   Strategi Bisnis Perusahaan
Penulis : Imanuel Iman   dilihat 1.122 kali

Transformasi

Hanya perusahaan yang bernyali dan mau melakukan lompatan besar yang berani melakukan Transformasi. Menjalankan proses Transformasi tidaklah mudah. Semakin besar perubahan yang dilakukan, semakin besar pula potensi penolakan, risiko kegagalan dan turbulensi yang akan terjadi. 

Dalam melakukan Transformasi, prinsip kehati-hatian menjadi hal mutlak yang perlu diperhatikan. Dari pengalaman Sentral Sistem membantu perusahaan-perusahaan melakukan Transformasi, inilah hal yang perlu diketahui lebih dulu.

1. Proses Transformasi bukan berarti MENGUBAH TOTAL praktek bisnis
Transformasi adalah mempertahankan praktek bisnis yang sudah baik, yang berhasil membuat perusahaan bertahan sampai saat ini dan mengubah total (Transformasi) kelemahan serta permasalahan yang terjadi di perusahaan.

Dengan metode ini kegagalan fatal dari proses transformasi akan dapat dihindari.

2. Pemimpin harus mempersiapkan mental menghadapi turbulensi yang akan terjadi
Setiap perubahan pasti akan menimbulkan turbulensi. Turbulensi yang muncul biasanya akibat adanya perlawanan terhadap perubahan yang terjadi. Perlawanan akan datang dari personel yang tidak menyukai perubahan karena sudah nyaman dengan kondisi yang ada atau yang memiliki kepentingan. Mereka secara sadar atau tidak akan melakukan gerakan perlawanan yang berdampak pada turbulensi perusahaan.

Menghadapi situasi seperti ini, Pemimpin jangan salah mengartikan turbulensi sebagai sinyal kegagalan dari proses Transformasi. Hadapi turbulensi dan lakukan perbaikan. Jika Pemimpin menyerah, maka Pemimpin akan terjebak pada konsep PDCA keliru (Plan Do Cancel Again).

Dalam proses Transformasi, Pemimpin jangan mengharapkan hasil instan karena perubahan memerlukan proses dan waktu. Untuk menghindari turunnya motivasi akibat proses yang panjang, perusahaan perlu membuat sasaran antara, yakni sasaran jangka pendek. Sasaran antara dapat membantu meningkatkan motivasi bahwa perubahan memang sudah berhasil atau berjalan di rel yang benar.

3. Pelaksanaan proses Transformasi harus dilakukan pada 2 area

Area Pola Pikir
Salah satu penghambat besar dari perubahan adalah pola pikir lama yang masih kita gunakan sebagai landasan perilaku keseharian kita. Terkadang tanpa disadari kita masih menggunakan pola pikir lama meski zaman sudah berubah. Secara fisik kita hidup di tahun 2016, namun mungkin pola pikir kita masih di tahun 2010. Sebagai contoh:

  • Sekarang ini sistem manajemen sudah berubah dari sistem analisa kemarin sampai dengan hari ini, ke sistem analisa ke depan (prediction analysis). Dan juga sudah berubah dari sistem pengendalian masalah ke sistem pencegahan masalah. Pola pikir lama ini mengakibatkan pemimpin hanya fokus mengurus masalah harian, bekerja seperti layaknya pemadam kebakaran.
  • Banyak sekali perusahaan yang masih memfokuskan sistem keuangan pada pencatatan, padahal pencatatan sudah terlambat, sudah terjadi. Saat ini sistem keuangan harus lebih difokuskan pada kontrol: product costing, budgeting (prediksi laba rugi) dan cost control operational.
  • Banyak Pemimpin yang mengharapkan hasil yang lebih baik namun dalam kesehariannya hanya sibuk pada urusan rutin, padahal tanpa adanya perubahan (improvement), mustahil perusahaan dapat menjadi lebih baik. Ingat bahwa mengerjakan rutin hanya akan mendapatkan hasil yang rutin.
  • Menjalankan proses Transformasi harus disertai dengan langkah mengidentifikasi Pola Pikir yang kurang tepat, yang bahkan terkadang sudah menjadi budaya pada perusahaan dan melakukan proses rekayasa Pola Pikir. Perubahan pola pikir akan membuat orang menjadi termotivasi untuk berubah.

Area Pengetahuan
Sekadar memiliki karyawan yang baik, yang memiliki motivasi tinggi untuk berubah, tidaklah cukup tanpa disertai dasar keilmuan terkait masalah yang dihadapi. Tanpa dilandasi dasar keilmuan yang memadai, karyawan hanya akan mengandalkan intuisi yang terkadang berdampak pada proses uji coba yang berkepanjangan. Sering pula karyawan hanya mengandalkan pengalaman sebelumnya sebagai acuan untuk perbaikan.

Padahal secara teoritis, jika pengalaman sebelumnya manjur, tentunya sekarang ini sudah tidak akan ada masalah. Oleh karena itu kita harus selalu berpikir untuk mencari solusi pengetahuan lain di luar apa yang sudah kita terapkan saat ini.

Dengan pengalaman melakukan observasi di lebih dari 100 perusahaan nasional dan multinasional serta pengalaman dalam melakukan transformasi dan improvement, Sentral Sistem memiliki banyak alternatif praktek terbaik yang diterapkan perusahaan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang beragam. Pengalaman tersebut menjadi bekal Sentral Sistem dalam membantu perusahaan melakukan transformasi.

Dalam menjalankan Konsultasi transformasi atau konsultasi improvement lainnya, Sentral Sistem memberi jaminan keberhasilan. Oleh karena itu Sentral Sistem membuat program konsultasi dengan sistem success fee. Sistem Konsultasi bebas biaya, di mana biaya konsultasi diambil dari sebagian efisiensi yang berhasil dicapai melalui program transformasi atau program improvement yang dilaksanakan.

Baca Juga:

——

Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Seminar How To Make Your System Simple and Sexy
    Bekasi, 14 Nov 2017
  • Training Awareness & Workshop ISO 14001:2015 Sentral Sistem Consulting September 2017
    Bekasi, 18 Oct 2017 - 19 Oct 2017
  • Training IATF 16949:2016 Sentral Sistem Consulting September 2017
    Bekasi, 27 Sep 2017 - 28 Sep 2017
  • Seminar Manajemen Risikio dalam ISO 9001:2015 Sentral Sistem Consulting
    Bekasi, 26 Sep 2017
  • Training Awareness & Workshop ISO 14001:2015 Sentral Sistem Consulting September 2017
    Bekasi, 26 Sep 2017 - 27 Oct 2017