Belajar Keselamatan Kerja dari Karakter Semut

15 Jan 2017   Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Penulis : Sentral Sistem Consulting   dilihat 1.506 kali

Pernahkah kita mengamati kebiasaan dan cara hidup semut?

Tidak banyak yang mengetahui bahwa semut memiliki karakter yang tidak dimiliki oleh hewan lain, yakni peduli, komunikatif, disiplin serta berkomitmen.

Empat karakter semut di atas cocok untuk kita terapkan dalam pembelajaran Keselamatan Kerja di lingkungan perusahaan.

Karakter Peduli

Seekor semut memiliki kepedulian yang sangat tinggi, hal ini dibuktikan jika seekor semut melihat temannya sedang dalam kesulitan membawa makanan, maka semut yang lainnya akan langsung membantu meringankan beban rekannya. Sikap yang didasari oleh kasih dan perhatian terhadap sesama dan lingkungannya, yang diwujudkan melalui tindakan nyata.

Alangkah indahnya jika didalam dunia kerja setiap orang memiliki sikap peduli, baik dalam hal produktivitas, kualitas atau dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Coba bayangkan jika di dalam lingkungan pekerjaan setiap karyawan memiliki kepedulian yang besar terhadap aspek keselamatan dan kesehatan kerja, maka bukan hal yang mustahil angka kecelakaan dapat ditekan dengan cara:

  • Memberikan teguran kepada sesama pekerja jika melihat tindakan tidak aman dan kondisi tidak aman yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja.
  • Saling mengingatkan akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja
  • Melaporkan potensi bahaya yang ditemukan diarea kerja
  • Mematuhi ketentuan yang sudah dibuat oleh perusahaan

Untuk membangun kepedulian memang tidak mudah, namun bukan juga hal yang sulit, hal tersebut dapat dibangun dengan melakukan pemerataan kemampuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja bagi seluruh personil sesuai dengan fungsi dan jabatannya.

Karakter Komunikatif

Semut selalu berhenti sejenak ketika berpapasan dengan semut lainnya. Mereka melakukan tegur sapa sejenak, membangun interaksi lalu melanjutkan kegiatan lainnya.

Kemampuan membangun interaksi, melalui bahasa verbal dan atau non verbal yang sesuai, sehingga pesan dapat dipahami dan direspon dengan tepat penting diterapkan dalam perusahaan.

Begitupun ketika kita menerapkan budaya K3 komunikasi sangat penting dilakukan. Sebagai contoh setiap orang harus diinformasikan tentang K3 melalui media tertentu, misalnya mading K3, safety introduction yang mudah diingat, safety declaration untuk setiap orang, dan hal lain yang bisa dan harus dikomunikasikan.

Karakter Disiplin
Semut selalu hilir mudik di jalan yang telah dirintis oleh temannya terdahulu. Tindakan yang menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan, didasarkan pada kesadaran dan tanggungjawab pribadi. Begitupun didalam penerapan K3 diperusahaan disiplin terhadap instruksi kerja dan prosedur harus sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan didalam diri seseorang, tanpa disiplin maka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat terjadi.

Karakter Komitmen
Seperti sebuah komitmen diri, semut tidak akan menggigit jika tidak tersakiti. Kita pun dapat bersedia dengan penuh kesadaran untuk menjalankan semua proses dalam pekerjaan dan menerima segala konsekuensi yang ada sesuai dengan nilai dan tujuan organisasi. Hal yang sama pun harus dilakukan pada implementasi K3, tanpa komitmen dari setiap orang, maka sebesar apapun investasi yang dikeluarkan akan sangat percuma.

Baca juga:

——

Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 04 Dec 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 21 Nov 2018
  • Problem Solving and Decision Making
    Jakarta Timur, 13 Nov 2018
  • SENTRAL IMPROVEMENT 2018
    Bekasi, 06 Nov 2018 - 04 Dec 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 06 Nov 2018