Cara Membuat Strategi Perusahaan Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

02 Feb 2018   Strategi Bisnis Perusahaan
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 1.474 kali

Terkadang perusahaan menyusun strategi yang masih terlalu umum, menggunakan strategi yang biasa diterapkan oleh orang awam, misalnya :

  • Mengunakan strategi semut (ada gula ada semut), mencoba peruntungan terhadap peluang yang nampak secara “NYATA”. Padahal peluang yang sudah nampak secara nyata, tentunya mudah pula dilihat oleh orang lain. Orang lain tersebut kemudian ikut masuk mencari peruntungan. Akibat banyak orang masuk, pasar kemudian menjadi jenuh sehingga terjadi perang harga memperebutkan peluang.   
  • Menggunakan strategi yang terlalu umum, strategi yang hanya menggunakan logika sederhana. Misalnya meningkatkan sales dengan cara menambah personal sales (strategi work hard).
  • Menggunakan bank data pengalaman sebelumnya, tidak keluar dengan ide unik atau ide baru. Padahal sudah terbukti bahwa metode yang selama ini diterapkan (cara lama) tidak memberikan hasil yang diinginkan.

Akibatnya tidak heran bila strategi yang dijalankan tidak mampu memberikan hasil yang memuaskan, tidak mampu mengangkat kinerja perusahaan, atau bahkan tidak mampu membawa perusahaan keluar dari krisis.

Ada 2 hal sederhana yang perlu diterapkan dalam membuat strategi perusahaan :

  1. Membangun pola pikir “THINK DIFFERENT”. Ketika pola pikir Anda sudah diarahkan untuk selalu berpikir “think different”, maka otak anda akan diarahkan untuk mencari sesuatu yang baru, tidak terpaku dengan cara lama.
  2. Membuat “STRATEGI UNIK”. Strategi unik adalah strategi yang hanya bisa diterapkan pada satu perusahaan. Kenapa ?? Karena setiap perusahaan pasti memiliki karakter permasalahan dan celah peluang yang berbeda. Anda harus “terlebih dahulu” memahami apa kekurangan dan kelebihan perusahaan. Apa celah yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan sumber daya dan peluang yang ada ?

Sebagai ilustrasi, berikut ini adalah contoh strategi unik yang dibuat dengan cara menggali celah peluang yang ada.  

  1. Identifikasi celah peluang berdasarkan kondisi saat ini :

Perusahaan memiliki 10 jenis produk. Dari 10 produk tersebut perusahaan akan memfokuskan penjualan pada produk B dan C dengan alasan sebagai berikut :

  • Produk B memiliki profit lebih besar karena materialnya di produksi sendiri.
  • Produk C kompetitornya adalah produk impor dengan harga 40% lebih mahal. Saat ini 70% pemenuhan kebutuhan produk C dalam negeri dipenuhi oleh produk import, karena belum banyak perusahaan yang mengetahui bahwa produk C sudah ada di lokal.
  1. Membuat Strategi yang Unik  
  • Memanfaatkan kelebihan profit produk B yang lebih besar, maka perusahaan memutuskan untuk menjual kuantitas produk B lebih banyak.
  • Untuk produk C, karena selisih harga masih cukup besar dibandingkan kompetitor (produk import), maka perusahaan menaikkan harga produk C sebesar 10%.
  • Perusahaan menetapkan untuk fokus melakukan promosi pada produk B dan produk C.

Catatan penulis : Strategi tersebut diatas adalah kasus nyata yang pernah diterapkan di salah satu perusahaan dan  mampu menaikkan profit perusahaan tanpa menambah sumber daya sales.  

 

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai cara melihat peluang bisnis yang Anda punya, cara melatih pola pikir think different, melatih ide-ide unik dan kreatif, IKUTI SEMINAR “STRATEGY TO ACHIEVE YOUR COMPANY’S TARGET” dan dapatkan cara membuat program kerja dan strategi untuk mencapai target perusahaan. Dilengkapi dengan AKTUAL STUDI KASUS  IMPROVEMENT yang pernah dilakukan oleh Sentral Sistem Consulting hingga menghasilkan IMPROVEMENT MILYARAN RUPIAH.

 

Baca juga:



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Risk Management To Improve Company
    Bekasi, 18 Dec 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 05 Dec 2018
  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 04 Dec 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 27 Nov 2018
  • Awareness & Internalaudit ISO 9001:2015 Sentral Sistem Consulting November 2018
    Bekasi, 27 Nov 2018 - 29 Nov 2018