Format Penulisan RKL-RPL Rinci untuk Perusahaan dalam Kawasan Industri

10 Jun 2020   Lingkungan
Penulis : Cahyadi   dilihat 910 kali

Format Penulisan Penyusunan Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup dan

Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup Rinci (RKL RPL Rinci)

untuk Perusahaan dalam Kawasan Industri

 

 

Seiring meningkatnya percepatan perekonomian dan perkembangan teknologi, mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2018 dan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2020, Pemerintah telah melakukan perubahan konsep terhadap Dokumen Lingkungan Hidup (UKL-UPL) dan Izin Lingkungan dimana hal ini bertujuan agar penanaman modal dan berusaha atau investasi asing mengalami peningkatan dan percepatan.

 

Dalam hal ini, bila pemrakarsa merencanakan usahanya di dalam kawasan industri maka pemrakarsa diwajibkan untuk menyusun Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL) Rinci yang mengacu pada Dokumen Lingkungan Hidup milik kawasan dan tidak diwajibkan untuk menyusun UKL-UPL. Secara garis besar sebenarnya format penulisan dan penyusunan RKL RPL Rinci yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2020 tidak jauh berbeda dengan UKL UPL yang tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 16 Tahun 2012.

 

Berikut merupakan format penulisan dan penyusunan RKL RPL Rinci berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2020 :

  1. Identitas Perusahaan

Berisi identitas perusahaan dan penyusun RKL RPL Rinci, termasuk latar belakang disusunnya dokumen tersebut

 

  1. Deskripsi Rinci Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Perusahaan Industri

Berisi nama rencana usaha / kegiatan, termasuk rona lingkungan awal (kondisi lingkungan sebelum kegiatan berlangsung) dan kesesuaian rencana usaha dengan lokasi dan tata ruang wilayah (RT/RW). BAB ini juga mencakup uraian mengenai komponen rencana kegiatan yang dapat menimbulkan dampak lingkungan

 

  1. Dampak Lingkungan yang Ditimbulkan

Berisi dampak lingkungan yang ditimbulkan jika kegiatan atau aktivitas yang direncanakan berlangsung / beroperasi secara terus menerus

 

  1. Program Pengelolaan Lingkungan Hidup serta Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup Secara Rinci

Bagian ini pada dasarnya berisi satu tabel/matriks, yang merangkum mengenai :

  1. Bentuk Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup
  2. Bentuk Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup
  3. Instansi Pengelola dan Pemantauan Lingkungan Hidup

 

  1. Pernyataan Komitmen Perusahaan Industri untuk Melaksanakan Ketentuan yang Tercantum Dalam Formulir RKL-RPL Rinci

Berisi komitmen perusahaan untuk melaksanakan ketentuan dalam RKL RPL rinci yang telah di tanda tangani oleh pemrakarsa di atas kertas bermaterai

 

  1. Daftar Pustaka

Pada bagian ini dituliskan sumber data dan informasi yang digunakan dalam penyusunan RKL RPL Rinci baik yang berupa buku, majalah, makalah, maupun hasil penelitian.

 

  1. Lampiran

Berdasarkan peraturan tersebut, semua perusahaan yang berada di dalam Kawasan Industri namun sudah memiliki UKL UPL, maka dokumen lingkungan tersebut (UKL UPL) dipersamakan dengan RKL RPL Rinci, namun jika perusahaan yang berada di dalam Kawasan Industri belum memiliki dokumen lingkungan (UKL UPL) maka wajib membuat dan mengajukan pengesahan dokumen RKL RPL rinci ke Kawasan Industri atau perusahaan yang sudah memiliki UKL UPL namun sudah tidak update atau tidak diperbaharui (sudah terjadi perubahan kegiatan termasuk mesin, peralatan, kapasitas produksi, dan sebagainya), maka harus menyusun dan mengajukan RKL RPL Rinci ke Kawasan Industri.

 

Sentral Tehnologi Managemen (Sentral Sistem Consulting) sebagai provider yang fokus terhadap pengelolaan lingkungan menawarkan sistem melalui pelayanan “One Stop Service” untuk :

  1. Menetapkan kewajiban pembuatan dokumen lingkungan sesuai dengan dampak yang ditimbulkan
  2. Memastikan semua parameter kualitas lingkungan yang berdampak ke lingkungan dilakukan analisa rona lingkungan awalnya (kondisi lingkungan sebelum kegiatan berlangsung)
  3. Memberikan solusi dan rekomendasi perbaikan jika terjadi ketidaksesuaian dari hasil pemantauan dan pengujian kualitas lingkungan serta saran untuk pengelolaannya
  4. Membantu penyusunan dan pembuatan dokumen lingkungan (AMDAL / UKL-UPL / SPPLH / RKL RPL Rinci)
  5. Membantu pengurusan penerbitan izin lingkungan.

 

 

Sebagai konsultan lingkungan, Sentral Sistem Consulting concern berkontribusi untuk selalu berbagi edukasi untuk menjaga, merawat, memelihara lingkungan kepada masyarakat, salah satunya ke berbagai industri, supaya industri baik manufaktur, jasa dan sektor lainnya sebagai bagian dari masyarakat selalu beraktivitas menghasilkan produk atau jasa yang ramah lingkungan, meningkatkan kinerja lingkungan, hemat energi dan bertanggung jawab menjaga lingkungan untuk anak cucu atau generasi mendatang.

Ingin berdiskusi lebih lanjut, silakan menghubungi

 

Silakan langsung menghubungi:

Marketing Sentral Sistem Consulting

Hotline : 0821 2121 9252

Instagram : @ssc.jkt

Facebook : Sentral Sistem Consulting



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 22 Sep 2020 - 23 Sep 2020
  • Public Training - Calibration All Package
    Cikarang, 14 Sep 2020 - 18 Sep 2020
  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - QCC 7 TOOLS
    Jakarta, 14 May 2020