Jangan Percaya Biaya ISO 9001 yang Mahal, Padahal Sebenarnya Gratis!

05 Mar 2017   Manajemen Mutu
Penulis : Marketing Sentral Sistem   dilihat 1.018 kali

Beberapa Perusahaan berpikir untuk menerapkan ISO 9001 diperlukan biaya yang cukup tinggi. Biaya konsultasi, biaya sertifikasi, biaya penerapan ISO 9001 semua mengeluarkan biaya. Akibatnya perusahaan harus berpikir ulang untuk menerapkan ISO 9001. Untuk operational saja sudah pas-pasan, ditambah lagi harus keluar uang untuk biaya ISO 9001. Perusahaan tidak punya dana.

Padahal menerapkan ISO 9001 bisa dilakukan dengan gratis, tanpa biaya! Caranya? Perusahaan harus menerapkan ISO 9001 bukan untuk sertifikat tapi untuk efisiensi, untuk meningkatkan kinerja.

  • Jika Perusahaan hanya sekadar menerapkan ISO 9001 untuk sertifikat, tentu saja itu akan menjadi tambahan biaya
  • Namun jika Perusahaan ingin menerapkan ISO 9001 untuk meningkatkan kinerja, maka ISO 9001 bisa menjadi gratis bahkan menguntungkan bagi perusahaan.

Lalu bagaimana supaya ISO 9001 bisa meningkatkan kinerja perusahaan?

  1. Perusahaan membuat list permasalahan yang terjadi di setiap proses. Permasalahan ini kemudian akan menjadi input dalam pengembangan sistem, sehingga sistem pada perusahaan bisa bersifat pencegahan. Dengan berkurangnya permasalahan, tentunya perusahaan mendapatkan keuntungan dari biaya yang turun dan waktu kerja yang lebih efektif. Sebagai catatan: perusahaan yang belum memiliki sistem yang baik bisa menghabiskan 30 % - 50% dari waktunya untuk mengatasi permasalahan harian yang sering muncul.
  2. Perusahaan menetapkan target sasaran mutu secara menyeluruh terhadap semua karakteristik penting yang berdampak pada efisiensi, kualitas, penurunan biaya dan juga target penjualan perusahaan. Sasaran mutu atau target perusahaan harus lebih baik dari pencapaian tahun sebelumnya. Sasaran mutu atau target perusahaan akan memberi arahan yang jelas mengenai capaian improvement yang diharapkan dari tiap personal atau departemen. Dengan meningkatnya sasaran mutu maka perusahaan mendapatkan pengurangan biaya.
  3. Perusahaan mengajarkan karyawan untuk menyusun program kerja untuk mencapai target. Perusahaan perlu menyadari bahwa mencapai target tidak bisa dilakukan dengan hanya mengerjakan rutinitas. Mencapai target harus dicapai melalui perubahan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengajarkan karyawan untuk menyusun program kerja perubahan untuk dapat meningkatkan target.
    • Menyusun program kerja terlihat mudah, namun berdasarkan pengalaman Sentral Sistem dalam membantu Perusahaan menyusun program kerja, masih banyak perusahaan yang menyusun program kerja yang hanya berisi kegiatan rutin atau menyusun program kerja yang masih general.
    • Untuk dapat membuat program kerja yang baik, diperlukan kreativitas dan keterbukaan diri untuk merasa bahwa saya belum sempurna, bahwa pasti masih ada ruang untuk improvement. Jika Karyawan merasa bahwa dirinya sudah sempurna, atau merasa bahwa yang dilakukan sekarang sudah maksimal, maka program kerja yang dibuat hanya akan berisi aktifitas rutin atau bahkan berisi program kerja untuk departemen lain. Seolah masalah terjadi karena departemen lain.

Saat program kerja dieksekusi, perusahaan berhasil melakukan improvement, tentunya ada penurunan biaya atau ada profit yang di peroleh oleh perusahaan.

Ketiga hal tersebut jika dijumlahkan tentunya akan mengurangi biaya perusahaan, akan mendatangkan profit bagi perusahaan. Perusahaan tinggal menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk menerapkan ISO 9001 dan berapa pengurangan biaya atau profit yang didapatkan oleh perusahaan melalui program improvement. Seringkali biaya yang dikeluarkan untuk ISO 9001 ternyata lebih kecil daripada keuntungan yang diperoleh Perusahaan. Perusahaan mendapatkan ISO 9001 secara gratis plus tambahan keuntungan.

BONUS:
Dalam project improvement yang dijalankan oleh Sentral Sistem, kami menerapkan sistem konsultasi gratis namun mendapatkan bagi hasil atas cost saving yang berhasil dicapai. Misalnya, Sentral Sistem mendapatkan 40% dari cost saving yang berhasil dicapai. Dengan sistem ini, perusahaan tidak mengeluarkan biaya, namun mendapat keuntungan 60% dari cost saving yang berhasil dicapai saat program berlangsung, dan mendapatkan 100% saving setelah program selesai. Program ini menguntungkan kedua belah pihak, Konsultan dan Perusahaan.

Baca juga:

INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI: 021-29067201



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Seminar How To Make Your System Simple and Sexy
    Bekasi, 14 Nov 2017
  • Training Awareness & Workshop ISO 14001:2015 Sentral Sistem Consulting September 2017
    Bekasi, 18 Oct 2017 - 19 Oct 2017
  • Training IATF 16949:2016 Sentral Sistem Consulting September 2017
    Bekasi, 27 Sep 2017 - 28 Sep 2017
  • Seminar Manajemen Risikio dalam ISO 9001:2015 Sentral Sistem Consulting
    Bekasi, 26 Sep 2017
  • Training Awareness & Workshop ISO 14001:2015 Sentral Sistem Consulting September 2017
    Bekasi, 26 Sep 2017 - 27 Oct 2017