KEWAJIBAN PERUSAHAAN MENETAPKAN DOKUMEN PENGENDALIAN POTENSI BAHAYA PERUSAHAAN

18 Mar 2020   Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Penulis : Cahyadi   dilihat 667 kali

KEWAJIBAN PERUSAHAAN

MENETAPKAN DOKUMEN PENGENDALIAN POTENSI BAHAYA PERUSAHAAN

(DPPB)

 

Perkembangan teknologi di bidang industri pastinya berdampak besar terhadap seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Industri yang maju memang diakui memudahkan manusia dalam bekerja, akan tetapi dampak buruk yang muncul rupanya perlu perhatian khusus dari manusia. Salah satunya adalah penggunaan bahan kimia berbahaya.

 

Bahan Kimia Berbahaya adalah bahan kimia dalam bentuk tunggal atau campuran yang berdasarkan sifat kimia dan atau fisika dan atau toksikologi berbahaya terhadap tenaga kerja, instalasi dan lingkungan. Kegiatan industri yang mengolah, menyimpan, mengedarkan, mengangkut dan mempergunakan bahan bahan kimia berbahaya akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan pembangunan sehingga berpotensi untuk menimbulkan bahaya besar bagi industri, tenaga kerja, lingkungan maupun sumber daya lainnya.

 

Pengendalian Bahan Kimia Berbahaya di Tempat Kerja diatur secara khusus dalam Kepmenaker No. 187 Tahun 1999. Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap K3 dan Lingkungan, Pengusahan atau Pengurus wajib menyampaikan Kategori Potensi Bahaya Perusahaan berdasarkan bahan kimia yang digunakan dan disimpan kepada Kantor Departemen /Dinas Tenaga Kerja setempat dengan tembusannya disampaikan kepada Kantor Wilayah Departemen Tenaga Kerja setempat, sebagai dasar penetapan kebutuhan kompetensi Ahli K3 Kimia dan / atau Petugas K3 Kimia. Perusahaan juga diwajibkan untuk menetapkan Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya Perusahaan berdasarkan penggunaan dan penyimpanan bahan kimia berbahaya.

               

Dokumen ini (Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya) dapat dijadikan / pedoman perusahaan dalam pengendalian dampak negatif yang ditimbulkan dari bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam kegiatan dan proses produksi. Penyusunan Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya Perusahaan didasarkan pada Keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan No. 84 Tahun 2012 dan Keputusan Direktur Pengawasan Norma K3 No. 1 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penetapan Potensi Bahaya Instalasi / Fasilitas di Perusahaan.

 

Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya Perusahaan mencakup:

  1. Pendahuluan
  2. Gambaran Umum Proses Produksi
  3. Identifikasi Bahaya, Penilaian dan Pengendalian Risiko
  4. Kegiatan Teknis, Rancang Bangun, Konstruksi, Pemilihan Bahan Kimia serta Pengoperasian dan Pemeliharaan Instalasi
  5. Kegiatan Pembinaan Tenaga Kerja di Tempat Kerja
  6. Rencana dan Prosedur Keadaan Darurat
  7. Prosedur Kerja Aman
  8. Penutup

 

 

PT Sentral Tehnologi Managemen (Sentral Sistem Consulting) sebagai provider konsultan yang fokus terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Pengelolaan Lingkungan menawarkan Sistem untuk Penyusunan Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya Besar dan Menengah Sesuai dengan Keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan No. 84 Tahun 2012 dan Keputusan Direktur Pengawasan Norma K3 No. 1 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penetapan Potensi Bahaya Instalasi / Fasilitas di Perusahaan.

 

 

Silakan langsung menghubungi:

Marketing Sentral Sistem Consulting

Hotline : 0821 2121 9252

Instagram : @ssc.jkt

Facebook : Sentral Sistem Consulting

Dapatkan Penawaran Menarik untuk Konsultasi Sistem untuk Penyusunan Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya Besar dan Menengah untuk Perusahaan Anda.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - QCC 7 TOOLS
    Jakarta, 14 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - RISK MANAGEMENT
    Jakarta, 12 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - MACHINERY FMEA
    Jakarta, 12 May 2020