Kick Off Program Bimbingan Konsultasi Migrasi Sistem Manajemen K3 ISO 45001:2018 PT MULTI INDO MANDIRI

23 Oct 2019   Kabar Sentral Sistem
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 559 kali

 

Rabu, 23 Oktober 2019, PT MULTI INDO MANDIRI (WINGS GROUP) bersama Konsultan PT SENTRAL TEHNOLOGI MANAGEMEN (SENTRAL SISTEM CONSULTING), kembali mengadakan KICK OFF MEETING Program Bimbingan Konsultasi Migrasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja standar OHSAS 18001:2007 ke ISO 45001:2018 bertempat di PT MULTI INDO MANDIRI, Desa Sumur Kondang RT.12 Km.62.5 Kosambi Klari Karawang 41371.

Bapak Uki Primaranu, QHSE Management System di PT MULTI INDO MANDIRI memandu acara KICK OFF Program Bimbingan Konsultasi Migrasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Sinta Achari mewakili Manajemen SENTRAL SISTEM CONSUlTING. Lalu, Bapak Cahyadi selaku Leader Project (Konsultan HSE, SENTRAL SISTEM CONSULTING) Program Bimbingan Konsultasi Migrasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai target resertifikasi sampai April 2020.

Manajemen SENTRAL SISTEM CONSULTING mengucapkan terima kasih atas kepercayaan kembali dari Manajemen PT MULTI INDOMANDIRI untuk project ketiga ini. Adapun project yang telah sukses diraih bersama SENTRAL SISTEM CONSULTING :

  1. Bimbingan Konsultasi Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (OHSAS 18001:2007 dan ISO 14001:2015)
  2. Bimbingan Konsultasi Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Acara dilanjutkan oleh Penjelasan singkat Alasan Perubahan OHSAS 18001:2007 ke ISO 45001:2018, Perubahan Mendasar Konsep di ISO 45001:2018, oleh Bapak Cahyadi (Konsultan HSE) SENTRAL SISTEM CONSULTING, kami mengajak klien untuk terus membangun Mindset K3 yaitu K3 Zero Incident, not Zero Accident dan Menciptakan Zero Penyakit Akibat Kerja (PAK). Selain itu K3 harus Partisipatif, Peran Aktif Semua Orang, bukan hanya Petugas K3, contohnya bila ada kecelakaan kerja di suatu area, maka pimpinan di area tersebut harus bertanggung jawab membuat kronologis kejadian, bukan begitu saja diserahkan ke HSE dan Pimpinan Perusahaan. Pimpinan tersebut harus selalu mengingatkan untuk berperilaku safety dan sehat, dan ikut terlibat dalam Identifikasi bahaya – Risiko di area aktivitasnya. Dari sisi kesehatan karyawan, di ISO 45001:2018 factor psikologis diperhatikan, kegiatan bullying atau hal-hal seperti intimidasi, mengganggu (harassment) bisa menimbulkan salah satu penyebab unsafe act yang berpotensi kecelakaan kerja atau sakit.

Sambutan dari PT MULTI INDO MANDIRI, disampaikan oleh Bapak Johan Pandawinata selaku General Manager, pada kesempatan KICK OFF ini menyampaikan terima kasih kepada SENTRAL SISTEM CONSULTING yang telah membimbing PT MULTI INDO MANDIRI pada project-project sebelumnya. Harapan dan tujuannya untuk terus implementasi Sistem di PT MULTI INDO MANDIRI, ingin terus berkembang memproduksi aneka ragam kosmetik dan alat kesehatan rumah tangga, meliputi produk – produk fabric care, home care dan personal care. Selain memikirkan kualitas produk, sertifikasi HALAL, GMP, CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), dalam aktivitasnya perusahaan harus selalu memikirkan faktor Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan. Karyawan bekerja dengan selamat dan sehat dan menjaga Kelestarian Lingkungan dengan

menghasilkan produk ramah lingkungan dan memenuhi Peraturan Lingkungan Hidup dalam Audit PROPER Lingkungan yang saling terintegrasi.

 

Dengan penandatangan komitmen yang dimulai dari Bapak Johan Pandawinata (General Manager), dilanjutkan para manager atau masing-masing kepala Bagian dan Divisi, dengan maksud bentuk partisipasi menjalankan Komitmen K3 dari masing-masing Pimpinan atau Owner Prosesnya.

 

K3 PARTISIPATIF, Bukan Semata-mata untuk PERUSAHAAN, untuk SAYA dan ANAK CUCU  ….



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • ISO 19011:2018
    Jakarta, 28 Apr 2020
  • Otomasi Proses Bisnis
    Jakarta, 28 Apr 2020
  • ISO 9001 Pahami Konsep Bukan Pasal
    Jakarta, 23 Apr 2020
  • Measurement System Analysis (MSA)
    Jakarta, 23 Apr 2020
  • Integrasi Identifikasi Aspek Lingkungan Dengan Bahaya Risiko
    Jakarta, 21 Apr 2020