Kunci Sukses Dalam Kepemimpinan (Leadership) 3 Landasan Pola Pikir

14 Jan 2020   Kabar Sentral Sistem
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 152 kali

Kepemimpinan atau Leadership bukan sekedar ilmu mengelola orang, tetapi ilmu mengelola program untuk mencapai tujuan.  Keberhasilan seorang Pemimpin bukan dilihat dari keberhasilannya dalam mengelola sumber daya, tetapi dilihat dari keberhasilannya dalam mencapai tujuan. Pemimpin yang hebat:

  1. Bisa mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada
  2. Bisa mewariskan kehebatan tersebut ke generasi berikutnya. Artinya ketika pemimpin tersebut sudah tidak ada, organisasi yang ditinggalkan masih tetap bersinar.

 

Untuk menjadi Pemimpin yang sukses , Pemimpin harus memiliki 3 landasan pola pikir

  1. Pemimpin HARUS MEMILIKI TUJUAN.

Di awal sudah disebutkan bahwa ukuran keberhasilan Pemimpin adalah mencapai tujuan. Oleh karena itu langkah pertama dari seorang Pemimpin adalah menetapkan tujuan. Tujuan yang ditetapkan harus mengandung unsur SMART

  • Spesific. Tujuan tidak boleh general, misalnya ingin mencapai nilai yang lebih baik. Nilai apa yang ingin dicapai lebih baik ?
  • Measurable (terukur). Definisi terukur perlu ditambahkan parameter “Lebih baik dari sebelumnya”, jadi tujuan yang ditetapkan Pemimpin harus bersifat lebih baik dari sebelumnya.
  • Agreed (disepakati). Pastikan target disepakati bersama. Jika tidak setuju , katakan ketidaksetujuan di awal, sebelum disepakati. Jadi tidak ada alasan target ditetapkan sepihak.
  • Reasonable (masuk akal). Usahakan untuk memiliki target yang bisa di capai oleh sebagian orang. Ketika target bisa dicapai oleh sebagian orang, maka tidak ada alasan bahwa target tersebut tidak masuk akal.
  • Time bound (Batasan waktu). Tentunya harus ada batas waktu kapan target bisa dicapai.

 

  1. MENERIMA KONDISI APA ADANYA. Pemimpin dilarang mengeluh, menyalahkan eksternal atas ketidaktercapaian tujuan yang telah ditetapkan. Ketika pemimpin menyalahkan eksternal, maka Pemimpin akan berhenti berpikir karena menganggap yang harus berubah adalah eksternal bukan dirinya. Namun sebaliknya, jika pemimpin berpikir bahwa masalah terjadi KARENA SAYA, maka Otak Pemimpin akan bekerja mencari jalan keluar.
    • Atasan kurang support (menyalahkan eksternal), dirubah menjadi SAYA kurang baik dalam memberi penjelasan.
    • Rekan kerja tidak bisa diajak kerjasama (menyalahkan eksternal), dirubah menjadi SAYA kurang baik dalam berkomunikasi berinteraksi dengan rekan kerja.
    • Bawahan susah diatur (menyalahkan eksternal), dirubah menjadi SAYA kurang baik dalam mengendalikan anak buah, saya kurang tegas, saya kurang follow up dll.
    • Penjualan turun karena faktor eksternal, dirubah menjadi penjualan turun karena strategi saya masih sama sedangkan eksternal sudah berubah.

 

Perubahan pola pikir akan mendorong Pemimpin untuk kreatif mencari jalan keluar.

  1. MEMILIKI PROGRAM KERJA UNTUK MENCAPAI TUJUAN (strategi atau cara untuk mencapai target). Berbicara tentang program kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
    1. Target harus lebih baik dari sebelumnya, Plus
    2. Pemahaman bahwa: mengerjakan rutin, kan mendapatkan hasil yang rutin atau bahkan lebih rendah !! kenapa ? karena eksternal berubah. Jika eksternal berubah tapi kitanya tidak berubah (hanya fokus di rutin), maka akan terjadi gap yang berdampak pada hasil yang lebih rendah.

Gabungan dari kedua pemikiran diatas, memberi tambahan definisi pada program kerja, bahwa program kerja untuk mencapai tujuan harus yang bersifat perubahan.

 

Ketiga hal tersebut harus menjadi LANDASAN POLA PIKIR DARI SEORANG PEMIMPIN. Setelah memiliki landasan pola pikir yang baik, baru pemimpin bisa melangkah ke tahapan berikutnya, seperti Pemimpin harus memiliki pengetahuan tentang analisa data, bisnis plan, teknik mengelola proyek/ program, problem solving, teknik mengendalikan-mengajarkan-mempengaruhi orang, komunikasi, dll.



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 23 Mar 2020 - 24 Mar 2020
  • Core Tools Training (With New FMEA, SPC, MSA, APQP - PPAP)
    Cikarang, 24 Feb 2020 - 28 Feb 2020
  • Calibration All Package
    Kota Bekasi, 17 Feb 2020 - 21 Feb 2020
  • Public Training Train The Trainer BNSP
    Kota Bekasi, 17 Feb 2020 - 19 Feb 2020
  • Awareness of Health & Safety Management System ISO 45001:2018 dan Internal Audit
    Cikarang, 11 Feb 2020 - 13 Feb 2020