Manajemen Perubahan dalam ISO 45001:2018

09 Mar 2020   Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Penulis : Syaban Abdullah Amir   dilihat 309 kali

Perubahan di dalam organisasi merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindarkan, baik perubahan yang direncanakan untuk perbaikan maupun perubahan darurat yang tidak direncanakan. Perubahan apapun dapat menimbulkan dampak terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), sehingga sebelum melakukan perubahan sebaiknya dilakukan analisa risiko terhadap K3 dan menetapkan tindakan untuk meminimalisir risiko dari perubahan yang dilakukan.

Perubahan yang dilakukan oleh organisasi dapat disebabkan karena adanya perubahan internal dan perubahan eksternal. Perubahan internal yang berdampak pada K3 seperti penempatan staf baru atau rotasi, adanya proses baru atau modifikasi proses, perubahan prosedur kerja, perubahan struktur organisasi atau akuisisi, perubahan alat atau mesin kerja, perubahan produk atau jasa organisasi, dan perubahan shift kerja. Perubahan eksternal yang berdampak pada K3 organisasi diantaranya perubahan peraturan perundangan, adanya perkembangan pengetahuan teknologi baru, informasi baru mengenai bahaya dan risiko K3.

 

MAU BUKU SAKU SAFETY & SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN SECARA GRATIS?? KLIK DISINI!!!

 

Di dalam ISO 45001:2018, mekanisme Analisa risiko dari perubahan sebaiknya dilakukan melalui proses konsultasi dan partisipasi dengan melibatkan pekerja, perwakilan pekerja, dan komite K3 yang berkaitan dengan perubahan yang akan dilakukan. Sehingga keputusan perubahan dapat dilakukan atau tidak berdasarkan masukan yang komprehensif.

Hasil dari analisa perubahan dan rencana tindakan penanganan risiko dijadikan sebagai acuan untuk merevisi sistem atau pengendalian yang dilakukan dalam implementasi ISO 45001:2018. Sehingga perubahan tidak menimbulkan dampak yang tidak diharapkan pada pekerja maupun terhadap organisasi.

 

Beberapa contoh perubahan serta tindakan yang perlu dilakukan.

  

MAU BUKU SAKU SAFETY & SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN SECARA GRATIS?? KLIK DISINI!!!

 

Sya’bani Abdullah Amir



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • ISO 19011:2018
    Jakarta, 28 Apr 2020
  • Otomasi Proses Bisnis
    Jakarta, 28 Apr 2020
  • ISO 9001 Pahami Konsep Bukan Pasal
    Jakarta, 23 Apr 2020
  • Measurement System Analysis (MSA)
    Jakarta, 23 Apr 2020
  • Integrasi Identifikasi Aspek Lingkungan Dengan Bahaya Risiko
    Jakarta, 21 Apr 2020