Mengapa Harus Kalibrasi ?

21 Mar 2018   Kalibrasi
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 537 kali

Jika kita menanyakan kepada pelanggan, mengapa Anda mengkalibrasikan alat-alat ukur Anda? Jawaban pada umumnya adalah dalam rangka memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu (misal ISO 9000), atau untuk keperluan audit.

Sistem manajemen mutu memang mengisyaratkan organisasi melakukan kalibrasi peralatan ukur yang dipakai selama proses produksi. Padahal manfaat kalibrasi sesungguhnya banyak sekali, diantaranya:

1. Menjaga kondisi alat ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya.

Seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaian, alat ukur dapat mengalami penurunan performa. Dengan melakukan kalibrasi secara rutin (berkala), Anda dapat mengetahui apakah alat ukur Anda masih sesuai dengan spesifikasi atau sudah harus diperbaiki atau diganti.

2. Menjamin nilai ukuran yang dihasilkan tertelusur hingga ke Satuan Internasional.

Di dalam sistem kalibrasi, dikenal mata rantai ketertelusuran hingga ke Satuan Internasional. Dengan mengkalibrasikan alat ukur di laboratorium yang terakreditasi, maka hasil ukur Anda dapat diterima dimanapun di seluruh dunia, karena semua laboratorium kalibrasi akan mengacu pada sumber yang sama, yaitu Standar Satuan Internasional.

3. Menghindari cacat produk.

Bayangkan jika alat ukur yang Anda gunakan tidak terkalibrasi, atau masa kalibrasinya telah lewat, namun masih digunakan untuk mengukur produk Anda? Bagaimana menjamin kepercayaan kualitas produk Anda? Bagaimana jika ternyata terdapat penyimpangan yang besar. Anda dapat menyingkirkan kekhawatiran ini dengan melakukan kalibrasi secara berkala di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi tentunya!

4. Menghindari Resiko Bahaya dan Meminimalisir Kecelakaan Kerja.

Apakah kondisi penerangan di pabrik Anda sudah memadai? Tentunya intensitas cahayanya perlu diukur bukan? Bagaimana tingkat kebisingan di tempat kerja Anda? Bukankah harus Anda ukur nilainya? Nah, alat-alat ukur yang berhubungan dengan Safety pun harus Anda kalibrasi secara berkala, demi keselamatan kerja.

5. Mendukung Kesehatan, Keselamatan dan Mencegah Cidera.

Ketika Anda berkunjung ke dokter, bukankah tekanan darah Anda diukur? Sudah benarkah nilai penunjukkan alat ukurnya? Ketika menimbang resep obat, bukankah dokter atau ahli farmasi harus menimbangnya dengan tepat? Bagaimana jika timbangan yang digunakan memiliki penyimpangan yang besar? Bagaimana akibatnya bagi tubuh pasien? Dengan kalibrasi yang benar, pelayanan kesehatan pun akan semakin menenangkan. Anda setuju?

Itulah beberapa manfaat kalibrasi yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Jadi kalibrasi bukan sekedar untuk formalitas saja. Yuk kita tingkatkan kualitas hidup kita dengan peduli kalibrasi !!!

 

Sentral Sistem Calibration  www.sentralkalibrasi.co.id  sudah diakui secara Nasional dan Internasional, dan dibuktikan dengan Akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN), Anggota International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) dan sudah memenuhi persyaratan ISO/IEC 17025 dengan No.(LK-207-IDN). Hubungi disini atau telepon (021) 89321314/15/23/24

 

 

 

Baca juga :

Tips Pemeliharaan Timbangan dan Anak Timbangan

 



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 04 Dec 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 21 Nov 2018
  • Problem Solving and Decision Making
    Jakarta Timur, 13 Nov 2018
  • SENTRAL IMPROVEMENT 2018
    Bekasi, 06 Nov 2018 - 04 Dec 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 06 Nov 2018