PENYUSUNAN PROGRAM KEDARURATAN PENGENDALIAN B3 DAN/ATAU LIMBAH B3

29 Jul 2021   Kabar Sentral Sistem
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 563 kali

PENYUSUNAN PROGRAM KEDARURATAN PENGENDALIAN B3 DAN/ATAU LIMBAH B3

Oleh: Tri Amdani Kumbasari

 

Seiring perkembangan sektor industri yang mengalami perkembangan pesat dan signifikan di era globalisasi, mendorong perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, dan efisiensi kerja. Penggunaan teknologi modern dengan bahan baku/material berbahaya dan proses produksi yang menghasilkan limbah proses berpotensi menyebabkan terjadinya keadaan darurat dan kecelakaan akibat potensi bahaya dan risiko yang tidak dikelola dengan baik.

Salah satu faktor penyebab terjadinya keadaan darurat yaitu dikarenakan masih rendahnya pemahaman mengenai manajemen bencana sehingga perlu adanya penerapan sistem kesiapsiagaan tanggap darurat di area kerja. Dampak yang terjadi baik terhadap lingkungan maupun manusia/pekerja dapat diminimalisir dengan penerapan sistem kesiapsiagaan dan tanggap darurat. Selain itu, penerapan sistem tersebut juga sebagai pemenuhan ISO 45001:2018 klausal 8.2 terkait Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, organisasi pemanfaat, penghasil, pengelola, penimbun, dan pembuang (dumping) limbah B3 diminta untuk menetapkan sistem tanggap darurat dalam pengelolaan limbah B3 salah satunya dengan penyusunan Program Kedaruratan Pengelolaan Limbah B3. Pedoman penyusunan program kedaruratan ini diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 74 Tahun 2019 tentang Program Kedaruratan Pengelolaan B3 dan/atau Limbah B3.

Meskipun program kedaruratan ini tidak membutuhkan verifikasi dari instansi di bidang ketenagakerjaan, namun program kedaruratan ini diwajibkan bagi perusahaan yang menghasilkan, mengangkut, mengedarkan, menyimpan, menggunakan dan/atau membuang B3 maupun limbah B3 dan menjadi salah satu syarat dalam pengajuan PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) dan juga identifikasi pemenuhan peraturan perundangan terkait lingkungan.

Berbeda dengan Dokumen Pengendalian Potensi Bahaya yang berfokus pada pengendalian bahan kimia berbahaya, Program Kedaruratan Pengelolaan B3 dan/atau Limbah B3 lebih menekankan pada aspek pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan kecelakaan serta pemulihan kualitas lingkungan hidup akibat kejadian darurat. Dalam hal ini kejadian darurat yang dimaksud yaitu kedaruratan yang dapat berpotensi mencemari dan/atau merusak fungsi lingkungan hidup dan mengancam keselamatan jiwa manusia.

Dalam program kedaruratan ini, perusahaan diminta untuk menyiapkan Infrastruktur dan fungsi penanggulangan kedaruratan. Infrastruktur yang dimaksut mencakup :

  1. organisasi (penanggung jawab keadaan darurat dan tim tanggap darurat);
  2. koordinasi (alur komunikasi keadaan darurat mencakup penanganan kedaruratan, evaluasi, pelaporan ke masyarakat, dan pemulihan pasca kedaruratan);
  3. fasilitas dan peralatan termasuk peringatan dini;
  4. prosedur penanggulangan; dan
  5. pelatihan dan geladi kedaruratan.

Sedangkan fungsi penanggulangan kedaruratan dijelaskan dalam diagram alir di bawah ini.

 

 

 

***

Salam Peduli Lingkungan

 ***

 

Divisi Environmental Improvement yang siap melayani Anda untuk memberikan konsultasi lingkungan dan membantu Penyusunan Dokumen AMDAL, UKL-UPL, SPPLH, SIMPEL, Program Safe and Save (Program Improvement Lingkungan untuk Safe untuk lingkungan dan Save dari pengeluaran biaya lingkungan), membantu Anda untuk Audit Proper Lingkungan.

 

***

INGIN TAHU LEBIH LANJUT TERKAIT

"PENYUSUNAN PROGRAM KEDARURATAN PENGENDALIAN B3 DAN/ATAU LIMBAH B3"

IKUTI WEBINAR NYA SECARA GRATIS!

Klik link dibawah untuk Registrasi sekarang! Limited Seat!

REGISTRATION NOW!!

 

***

Info lebih lanjut, Silakan langsung menghubungi:

Marketing Sentral Sistem Consulting

Hotline : 0821 2121 9252

Sales HSE: 0813 1401 2839 (SIKA)

Email: mkt1@sentralsistem.com / masika@sentralsistem.com

 

Instagram : @ssc.jkt

Facebook : Sentral Sistem Consulting



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • FREE WEBINAR: ADAPTASI STRATEGI KEUANGAN DALAM MASA KRISIS
    , 17 Sep 2021
  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 28 Jun 2021 - 29 Jun 2021
  • Public Training - Calibration All Package
    Cikarang, 28 Jun 2021 - 02 Jul 2021
  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020