PERBEDAAN SIMBOL B3 DAN LIMBAH B3

02 Jul 2020   Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 4.135 kali

PERBEDAAN SIMBOL B3 (BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN)  DAN LIMBAH B3

  

Dalam penerapan ISO 14001:2015, salah satu aspek dampak lingkungan yang perlu dikendalikan terkait dengan penggunaan material B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dan pembuangan limbah B3. Namun dalam implementasinya, banyak perusahaan hanya mengendalikan limbah B3 tanpa mengendalikan material B3, karena beberapa orang menganggap yang sering disebut B3 adalah limbah B3. Padahal B3 dan limbah B3 merupakan dua  hal yang berbeda. B3 yaitu material yang sifatnya berbahaya dan beracun yang masih dapat digunakan (bersifat material), contoh: cat, thinner, alkohol, asam sulfat, HCl, dan lain-lain. Sedangkan limbah B3 adalah hasil dari proses / kegiatan yang mengandung B3, contoh: limbah majun, limbah kemasan cat, thinner, dan kemasan material lainnya.

Salah satu cara untuk mengendalikan dampak lingkungan dan risiko K3 maka material B3 dan limbah B3 wajib memasang simbol B3 dan limbah B3 sesuai dengan:

  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 3 Tahun 2008 tentang Tata Cara Pemberian Simbol dan Label Bahan Berbahaya dan Beracun
  • Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 14 tahun 2013 tentang Simbol dan Label Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

 

 A. Simbol B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Simbol B3 merupakan gambar yang menunjukan klasifikasi B3 yang terdiri dari 10 jenis simbol. Simbol yang dipasang pada kemasan disesuaikan dengan ukuran kemasan. Sedangkan simbol pada kendaraan pengangkut dan tempat penyimpanan kemasan B3 minimal berukuran 25cm x 25cm.

 

 

B. Simbol Limbah B3 (Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun)

Simbol limbah B3 adalah gambar yang menunjukkan karakteristik limbah B3. Simbol harus dibuat dari bahan yang tahan terhadap air, goresan dan bahan kimia yang akan mengenainya. Simbol limbah B3 yang dipasang pada kemasan dengan ukuran paling rendah 10cm x 10cm, simbol limbah B3 pada kendaraan  pengangkut limbah B3 dan tempat penyimpanan limbah B3 dengan ukuran paling rendah 25cm x 25cm. Simbol limbah B3 harus dapat terlihat jelas dari jarak 20m. Warna simbol limbah B3 untuk dipasang di kendaraan pengangkut limbah B3 harus dengan cat yang dapat berpendar (flourenscence).

Label limbah B3 adalah setiap keterangan mengenai  limbah B3 yang berbentuk tulisan yang berisi informasi penghasil, alamat penghasil, waktu pengemasan, jumlah, dan karakteristik limbah B3.

 

PT Sentral Tehnologi Managemen (Sentral Sistem Consulting) adalah perusahaan konsultan Sistem Manajemen Perusahaan dan Peningkatan Kinerja, dengan salah satu unit bisnis Sentral Sistem Consulting concern peningkatan kinerja dalam implementasi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L/HSE), selain itu kami menyediakan produk pelatihan dan konsultasi Safety Maturity, Behavior Based Safety (Membangun Perilaku K3L, Zero Incident, Develop AMDAL, UKL-UPL, SPPLH, DPLH, RKL-RPL Rinci, Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL), Safe and Save Program, Aman dan Ramah untuk Lingkungan dan Hemat Investasi, Program-program pengelolaan dan penurunan limbah, dan Audit Proper Lingkungan. Ingin berdiskusi lebih lanjut, silakan langsung menghubungi:



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 19 Oct 2020 - 20 Oct 2020
  • Public Training - Calibration All Package
    Cikarang, 19 Oct 2020 - 23 Oct 2020
  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - QCC 7 TOOLS
    Jakarta, 14 May 2020