Sharing knowledge FMEA (AIAG – VDA) New Version

28 Aug 2019   Kabar Sentral Sistem
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 14 kali

 

Seminar Sharing knowledge FMEA (AIAG – VDA) New Version

 Press Release

 

 

Selasa, 27 Agustus 2019 lalu, Sentral Sistem Consulting mengadakan seminar “Sharing knowledge FMEA (AIAG – VDA) New Version”. Seminar FMEA ini dilaksanakan di Hotel Santika Cikarang. Seminar tersebut membahas mengenai perubahan FMEA setelah AIAG dan VDA menyelaraskan metodenya. Seminar Sharing knowledge FMEA (AIAG – VDA) New Version ini dihadiri oleh 105 peserta dari berbagai perusahaan yang berada di daerah JABODETABEK.

 

FMEA yang merupakan alat pencegahan sebelum kejadian, membuat FMEA harus dilakukan pada tahap perencanaan. Perushaan yang menerapkan proses FMEA harus mengidentifikasi semua potensi kegagalan dan melakukan tindakan untuk menghilangkan atau mengurangi resiko dari kegagalan tersebut. Kolaborasi ini tentu saja menarik karena mengabungkan FMEA versi Amerika (AIAG) vs versi German (VDA). Dengan adanya kolaborasi ini, Supplier yang mengirim produk ke perusahaan Automotive Amerika dan German akan lebih mudah karena cukup merefer ke 1 metode yang sudah dikolaborasi antar mereka.

 

Terdapat perubahan yang signifikan pada FMEA edisi terbaru ini. Perubahan tersebut terdapat pada tahapan analisisnya. Pada FMEA edisi terbaru terdapat 7 tahapan analisis yaitu Perencanaan dan persiapan, Analisia struktur, Analisa Fungsi, Analisa Kegagalan, Analisa Resiko, Optimisasi, Dokumentasi Hasil. Seminar Sharing knowledge FMEA (AIAG – VDA) New Version yang diadakan Sentral Sistem Consulting tidak hanya membahas mengenai perubaha FMEA yang baru, namun peserta juga diajak untuk langsung mempraktekannya. Bapak Sigit Nurchayo, salah satu peserta dari PT. Pacific Rubber Works mengatakan, “diadanya praktek yang lebih memperjelas pemahaman terhadap materi yang disampaikan”. Dan Bapak Jejen Jaelani dari PT. Ochiai Menara Indonesia juga mengatakan bahwa, “Melalui seminar New FMEA ini, meningkatkan semangat untuk improvment”.

 

Tujuan dari seminar ini adalah agar peserta mampu memahami konsep FMEA sebagai alat pencegahan terhadap kegagalan dan mampu melakukan tindakan sebelum kejadian; peserta mampu memahami konsep AIAG dan VDA FMEA 1st dan perbedaan FMEA yang baru dan sebelumnya; Memahami cara pembuatan FMEA secara mendetail dan memahami bagaimana strategi transisi FMEA lama ke FMEA yang baru.

 

Sentral Sistem Consulting adalah perusahaan konsultan strategi manajemen yang berfokus pada peningkatan kinerja perusahaan. Peningkatan tersebut baik pada lini Bisnis, Mutu, Lingkungan, Keselamatan, Energi, hingga pada peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia dan Budaya Perusahaan. Berdiri 20 tahun, Sentral Sistem Consulting memiliki lebih dari 700 klien dan lebih dari 1.216 project.

 

 

Ingin memiliki buku AIAG and VDA FMEA Handbook, 1st edition?*

Hubungi Sentral Sistem Consulting

Tlp       : 021 – 2906 7201-3

Email   : info@sentralsistem.com

*Note : stok buku terbatas.

 



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 17 Dec 2019 - 18 Dec 2019
  • Public Training Internal Audit Based Risk & Performance based on ISO 19011:2018
    Cikarang, 17 Dec 2019 - 18 Dec 2019
  • Public Training Problem Solving & Decision Making
    Cikarang, 17 Dec 2019 - 18 Dec 2019
  • Core Tools Training (New FMEA, SPC, MSA, APQP - PPAP)
    Cikarang, 10 Dec 2019 - 13 Dec 2019
  • Cara Baca Sertifikat dan Validasi Alat Ukur
    Kota Bekasi, 10 Dec 2019