Sharing Knowledge "SIMPEL" - Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup

20 Mar 2019   Kabar Sentral Sistem
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 763 kali

Selasa, 19 Februari 2019 lalu, Sentral Sistem Consulting mengadakan seminar “Simpel (Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup)”. Seminar Simpel ini dilaksanakan di Zuri Express Hotel Lippo Cikarang, Bekasi. Seminar tersebut membahas mengenai tata cara pelaporan dokumen lingkungan hidup secara online. Seminar Simpel (Sistem Infrormasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup) ini dihadiri oleh 35 peserta dari berbagai perusahaan yang berada di daerah Cikarang, karawang dan sekitarnya.

Di era digitalisasi saat ini perusahaan dituntut untuk melek teknologi. Teknologi dapat mempermudah dan mempercepat perusahaan dalam pelaporan dokumen lingkungan. Penerapan pelaporan dokumen secara online juga dapat menghemat pengeluaran perusahaan. Karena perusahaan tidak perlu lagi untuk mencetak dokumen dan harus pergi/ mengirimkan ke Kekementrian Lingkungan Hidup untuk pelaporannya.

Namun pada kenyataannya banyak perusahaan yang belum mengerti tatacara pelaporan Simpel. Perusahaan masih menyerahkan pelaporannya secara hardcopy, sehingga laporan tersebut ditolak oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Seminar “Simpel” yang diadakan Sentral Sistem Consulting tidak hanya membahas materi mengenai pelaporan RKL-RPL/ UKL-UPL, namun juga peserta diajak langsung untuk mempraktekannya, selain itu peserta atau perusahaan yang belum mempunyai akun akan dibantu dibuatkan akun dan diajari cara pembuatan akun tersebut . Seperti yang dikatakan oleh Bapak Mochamad Adly Fauzi, salah satu peserta dari PT Indo Plating Technology Industry, “Seminar Simpel ini untuk mengetahui tata cara pelaporan Simpel. Materi yang diberikan jelas, rinci, mudah dipahami. Materi juga dibarengi oleh praktek yang dilakukan dari tahap awal hingga akhir”.

Tujuan dari seminar ini adalah agar perusahaan dapat membuat pelaporan dokumen lingkungan hidup sendiri secara online. Pelaporan dokumen lingkungan hidup ini berdasarkan Peraturan Mentri LHK Nomor P.87/Menlk/Setjen/Kum1/11/2016 tanggal 11 November 2016. Peraturan tersebut menyatakan bahwa bagi pemegang izin lingkungan / izin PPLH, WAJIB untuk melakukan pelaporan elektronik (SIMPEL) yang merupakan pengganti pelaporan cetak yang selama ini dikirimkan perusahaan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sentral Sistem Consulting adalah perusahaan konsultan strategi manajemen yang berfokus pada peningkatan kinerja perusahaan. Peningkatan tersebut baik pada lini Bisnis, Mutu, Lingkungan, Keselamatan, Energi, hingga pada peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia dan Budaya Perusahaan. Berdiri hampir 20 tahun, PT Sentral Sistem Consulting memiliki lebih dari 636 klien dan lebih dari 1082 project.

 

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi

Nama    : Novi & Utami

No. Tlp  : 082121219252

 

Trainer UKL-UPL, Bapak Sya'bani

Trainer UKL-UPL, Bapak Sya'bani

Trainer SIMPEL, Bapak Cahyadi

Trainer SIMPEL, Bapak Cahyadi

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

 Coffee Break

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Pemberian Materi & Praktek

Kunjungan dari Sentral Sistem Calibration

Para Peserta

Para Peserta

Para Peserta

Para Peserta

Para Peserta

Para Peserta

Para Peserta

Seluruh Peserta dan Panitia

 



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 17 Feb 2021 - 18 Feb 2021
  • Public Training - Calibration All Package
    Cikarang, 17 Feb 2021 - 19 Feb 2021
  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020
  • OPEN DISCUSSION - QCC 7 TOOLS
    Jakarta, 14 May 2020