Strategi Keuangan di Masa Krisis, Merubah Fokus dari Laporan menjadi Prediksi Keuangan

08 Sep 2021   Kabar Sentral Sistem
Penulis : Marketing Sentral Sistem Consulting   dilihat 456 kali

Strategi Keuangan di Masa Krisis

oleh Imanuel Iman

(Penulis buku Transforming Organization)

 

Krisis dalam bahasa mandarin disebut  (Weiji) yang terdiri dari dua kata, yaitu  (wei) atau bahaya dan  (Ji) yang berarti peluang atau kesempatan. Jadi krisis dalam bahasa mandarin merupakan gabungan dari dua kata, yaitu bahaya dan peluang. Bagi perusahaan, krisis dapat dilihat dari 2 perspektif berbeda:

  • Krisis akan menjadi bahaya atau musibah bagi perusahaan yang pasrah tidak melakukan apa-apa.
  • Krisis akan menjadi peluang bagi perusahaan yang melakukan TINDAKAN AKSI mengatasi krisis. Perusahaan dibangunkan dari tidurnya, untuk berbenah, melakukan tindakan perubahan untuk bisa bertahan dalam menghadapi krisis.

Sebagai catatan:

Krisis bersifat sementara, artinya tidak akan berlangsung selamanya. Saat krisis, perusahaan yang pasrah dan tidak efisien tidak akan bertahan. Saat krisis sudah terlewati, perusahaan yang bertahan akan menikmati kompetisi yang lebih longgar akibat berkurangnya pemasok (perusahaan) yang tidak mampu melewati krisis.

 source: freepik

 

Lalu bagaimana strategi keuangan perusahaan dalam menghadapi krisis?

Bicara tentang laporan keuangan, laporan keuangan  dapat diibaratkan sebagai KACA SPION, alat untuk melihat kejadian yang terjadi di belakang atau masa lalu. Misalnya laporan keuangan 2020, menceritakan laba-rugi neraca yang terjadi di tahun 2020.

 Dalam menghadapi krisis, seharusnya perusahaan tidak hanya fokus pada kaca spion, tapi lebih fokus pada KACA DEPAN, dengan melakukan PREDIKSI (melihat ke depan) keuangan. Melihat ke depan, melihat rintangan yang terjadi saat ini dan beberapa waktu yang akan datang, misalnya:

 Beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam menyusun prediksi keuangan adalah:

  • Prediksi cash flow, bagaimana bisa bertahan dalam waktu yang cukup panjang. Cash flow adalah darah perusahaan, tanpa cash flow (darah), perusahaan tidak akan bisa bertahan. Oleh karena itu adalah sangat penting untuk perusahaan menyusun program out of the box untuk mempersiapkan cash flow untuk jangka waktu yang cukup panjang.
  • Prediksi pengeluaran vs pendapatan dalam menghadapi krisis
    • Ide out of the box apa yang bisa dilakukan untuk tetap mendapatkan revenue, paling tidak untuk menutup biaya operasional. Beberapa contoh ide out of the box dari beberapa perusahaan pada masa krisis di antaranya:
      • Hotel menawarkan tempatnya untuk menjadi tempat isoman.
      • Optimalisasi bisnis unit yang masih bertahan untuk mendukung laba-rugi, cash flow perusahaan secara keseluruhan.
      • Perusahaan banting setir mencari peluang di pasar yang masih bertahan.
      • Menyusun ulang product costing, untuk mendapatkan revenue atau cash untuk bisa menutup biaya operasional.
    • Ide out of the box untuk mengurangi secara ekstrim biaya operasional. Seberapa besar pengurangan yang diperlukan, sangat tergantung pada perhitungan prediksi laba-rugi dan cash flow yang diperlukan untuk bisa bertahan dalam krisis.
  • Persiapan perusahaan pasca krisis. Perusahaan jangan membuang biaya percuma untuk kegiatan non produktif. Karyawan yang dipertahankan harus didayagunakan untuk belajar atau melakukan kegiatan produktif lainnya seperti menciptakan produk baru dan inovatif, mempersiapkan perusahaan untuk siap berlari saat krisis berakhir.

 

Jadi, perusahaan harus segera beralih dari evaluasi laporan keuangan (kaca spion), menjadi prediksi keuangan (kaca depan), dengan memiliki:

  • Strategi Cash flow
  • Strategi Product costing untuk bisa menutup biaya operasional atau mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan target yang telah kita tetapkan.
  • Strategi masa depan, mempersiapkan perusahaan pasca krisis.

Setelah memiliki prediksi keuangan, perusahaan kemudian bekerja berdasarkan acuan prediksi tersebut. Perusahaan menjalankan strategi prediksi yang telah ditetapkan dan melakukan evaluasi ketat atas penyimpangan atau rintangan yang terjadi.

Strategi adalah rute untuk menuju target keuangan yang kita harapkan. Dengan memiliki rute yang jelas, maka perusahaan bisa menggunakan KACA DEPAN untuk mengevaluasi strategi vs kondisi chaos (rintangan) yang terjadi selama masa krisis.

 

 ***

PELAJARI LEBIH LANJUT MENGENAI SRATEGI KEUANGAN DALAM MASA KRISIS LANGSUNG BERSAMA BAPAK IMANUEL IMAN

IKUTI WEBINARNYA! GRATIS!

LINK PENDAFTARAN

 ***

 

Info lebih lanjut, silakan langsung menghubungi:

Marketing Sentral Sistem Consulting

Hotline : 0821 2121 9252

Email: mkt1@sentralsistem.com / masika@sentralsistem.com

Instagram : @ssc.jkt

Facebook : Sentral Sistem Consulting



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article

What do you think? Leave your comment here...

  • FREE WEBINAR: ADAPTASI STRATEGI KEUANGAN DALAM MASA KRISIS
    , 17 Sep 2021
  • Public Training Sistem Informasi Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup (SIMPEL)
    Cikarang, 28 Jun 2021 - 29 Jun 2021
  • Public Training - Calibration All Package
    Cikarang, 28 Jun 2021 - 02 Jul 2021
  • Virtual Training - Penyusunan Dokumen Lingkungan & Izin Lingkungan
    Jakarta, 11 Jun 2020
  • Virtual Training - Identifikasi Aspek Dampak Lingkungan
    Jakarta, 29 May 2020