Tujuan dan Sasaran Internal Audit yang Perlu Anda Ketahui

26 Jun 2018   Manajemen Mutu
Penulis : R.A Yasin   dilihat 243 kali

Internal Audit atau Audit Internal adalah aktivitas pengujian yang sistematis, mandiri dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit dapat dipenuhi.

Berdasarkan pengalaman kami sebagai konsultan, pada umumnya banyak yang berpikiran bahwa tujuan dari internal audit adalah untuk memeriksa kesesuaian penerapan terhadap sistem perusahaan. Karena fokus audit adalah mengecek penerapan sistem, maka sistem audit menjadi terfokus untuk memeriksa pelanggaran yang dilakukan oleh ‘Orang’. Hal ini mengakibatkan suasana audit menjadi tidak bersahabat. Auditor di anggap sebagai orang yang mencari-cari kesalahan, sedangkan auditee terus berkelit untuk tidak disalahkan. Namun apakah benar bahwa internal audit fokusnya memeriksa kesesuaian penerapan terhadap sistem, dengan subyek mencari pelanggaran yang dilakukan oleh orang ?

Sebelum kita masuk lebih dalam mengenai tujuan dari internal audit, kita perlu memahami terlebih dahulu arti dari Sistem. Sistem adalah arahan baku untuk bisa membantu perusahaan untuk bekerja dengan tanpa kesalahan, bekerja dengan efisien, untuk mencapai kinerja perusahaan.

Karena goals dari sistem adalah kinerja, maka seharusnya audit pun lebih difokuskan pada efektifitas sistem dalam mencapai kinerja. Audit internal seharusnya tidak hanya memeriksa kesesuaian penerapan terhadap sistem, tetapi juga memeriksa Apakah sistem berjalan efektif untuk bisa membantu perusahaan mencapai kinerja ?

  • Bisa saja perusahaan sudah mengikuti sistem namun masih banyak masalah internal atau customer complain.
  • Atau Bisa saja perusahaan sudah memiliki sistem training, namun training tidak memberikan manfaat nyata kepada perusahaan. Sudah di training tapi tidak diterapkan.

Kedua contoh tersebut menyatakan bahwa sistem belum berjalan efektif, walaupun sistem sudah diterapkan 100%.   

BERDASARKAN HAL TERSEBUT, MAKA AUDIT SEHARUSNYA TIDAK LAGI BERFOKUS PADA MEMERIKSA KESESUAIAN PENERAPAN DENGAN SISTEM PERUSAHAAN (mencari kesalahan orang, mencari pelanggaran yang dilakukan oleh orang), TETAPI HARUS LEBIH FOKUS KE EFEKTIVITAS SISTEM DALAM MENCAPAI KINERJA (melihat kelemahan sistem pada perusahaan agar dapat diperbaiki sehingga perusahaan dapat terus bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis).

 

Baca Juga : 

4 Langkah Penting dalam Audit Internal untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Temuan Audit : Aib atau Anugerah ?

Penting dilakukan! Supplier Audit pada IATF 16949:2016

 

Sentral Sistem Consulting merupakan konsultan strategi manajemen yang fokus pada peningkatan kinerja perusahaanHubungi kami DISINI  untuk pelaksanaan training dan konsultasi terkait dengan pelaksanaan internal audit berdasarkan kinerja.

 

 



Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share



Let's share this article



What do you think? Leave your comment here...

  • Optimize Company Inventory Management System
    Bekasi, 13 Nov 2018
  • Setting Key Performance Indicator (KPI) And Develop Creative Action Plan To Achieve Your Target
    Bekasi, 06 Nov 2018
  • Optimize Risk Management To Improve Company
    Bekasi, 16 Oct 2018
  • Integrated Risk Management for ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001
    Bekasi, 09 Oct 2018
  • Knowledge Sharing Tips Penyusunan & Pelaporan Dokumen Lingkungan Hidup 04 Oktober 2018
    Karawang, 04 Oct 2018