Sentral Quality

Konsultan ISO Sistem Manajemen Mutu / Kualitas

Quality atau kualitas bukan berarti memiliki sistem kontrol yang baik untuk memastikan hanya produk yang baik yang dikirim ke Customer. Quality adalah membuat produk tanpa cacat dari sejak produk tersebut dibuat.

Quality bukan fokus pada pengecekan output produk atau jasa, karena pengecekan output hanya bisa memilah. Quality adalah pencegahan, mengendalikan faktor penyebab produk atau jasa menjadi tidak baik. Memastikan :  
1. Hanya Material atau Input yang baik yang digunakan
2. Hanya Manusia yang kompeten yang diperbolehkan bekerja
3. Memiliki Metode kerja yang anti salah
4. Memastikan Mesin atau peralatan kerja yang digunakan sesuai
5. Dikerjakan sesuai tuntutan Lingkungan kerja yang baik

Atau biasa disebut pengendalian terhadap 4M-1L (Material – Manusia – Metode – Mesin - Lingkungan)

Dalam mengembangkan SMM (Sistem Manajemen Mutu), baik ISO 9001 : SMM yang berlaku umum untuk segala jenis Industri, ISO/TS 16949 : SMM untuk Industri Automotive, ISO 22000 : SMM untuk Industri makanan, ISO 13485 : SMM untuk peralatan medis; ISO/ TS 29000 : SMM untuk Industri migas, dan SMM mutu lainnya, Sentral Sistem Consulting menerapkan prinsip Mutu dalam kerangka  membuat sistem produksi atau jasa tanpa cacat, Mutu dalam kerangka sistem yang bersifat pencegahan.

Berbekal dengan pengalaman yang tidak sekadar membuat SMM yang bersifat dokumen, namun juga mampu menurunkan cacat produk atau jasa, meningkatkan efisiensi dan produktifitas, Sentral Sistem siap membantu Perusahaan untuk mengembangkan sistem guna meningkatkan kinerja mutu, efisiensi  dan produktifitas perusahaan.
Sentral Sistem memiliki program konsultasi SMM sesuai standard International, program training dan program peningkatan kinerja mutu, kualitas dan efisiensi.

ISO 9001
Dalam kondisi saat ini, tuntutan pasar semakin meningkat dan tingkat persaingan semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk beroperasi lebih efektif dan efisien untuk menghasilkan produk bermutu tinggi secara konsisten. Perusahaan yang mampu memenuhi tuntutan-tuntutan ini akan dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan global. Salah satu cara untuk menjadi perusahaan yang kompetitif adalah dengan menerapkan sistem manajemen mutu yang disarankan dalam standar ISO 9001.

ISO 9001 bisa diterapkan di seluruh jenis organisasi tanpa melihat besaran maupun lokasi di mana organisasi tersebut berada. Salah satu kekuatan utama ISO 9001 adalah daya tariknya yang luas untuk semua jenis organisasi, maka ISO 9001 juga bisa diterapkan di perusahaan penyedia jasa (tidak hanya industri manufaktur).

ISO/TS 16949
ISO 9001 adalah standard sistem manajemen mutu yang berlaku untuk segala jenis Industri, sedangkan ISO/TS 16949 adalah standard sistem manajemen mutu khusus untuk Industri Automotive.

ISO/TS 16949 dikembangkan dari ISO 9001, Persyaratan ISO 9001 yang masih bersifat umum, diterjemahkan sesuai kebutuhan di Industri Automotive. Apa yang membedakan?

  • Tidak hanya fokus ke kualitas, juga menuntut efisiensi, pemberdayaan karyawan, motivasi, mengurangi inventory, dst
  • Sistem produksi berdasarkan kebutuhan industri otomotive
    • Approval proses produksi (approval sample masih kurang / tidak cukup)
    • Pencegahan defect, Failure mode effect analysis (FMEA), Statistical process control, pokayoke, tindakan perbaikan terhadap produk/ proses sejenis, predictive maintenance
    • Just in time, mengurangi inventori, contingency plan
  • Memiliki alat bantu kualitas
    • FMEA, SPC, MSA, APQP-PPAP 


ISO 13485

ISO 13485 (Medical Devices - Quality Management System - Requirements for Regulatory Purposes) adalah standar sistem manajemen mutu yang paling diterima di seluruh dunia yang diperuntukan bagi industri peralatan medis (medical devices).

Standard ini didasari dari ISO 9001, tetapi mencakup persyaratan tambahan khusus untuk sektor bisnis peralatan medis/ alat kesehatan. Penerapan ISO 13485 dapat membantu mengurangi resiko tak terduga dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan yang memproduksi peralatan kesehatan saja, tetapi juga bagi perusahaan yang mendistribusikan dan mempergunakan peralatan kesehatan tersebut. Selain itu standar ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi organisasi di mata pelanggan dan pemerintah.


ISO 27001
ISO 27001 adalah sebuah metode khusus yang terstruktur tentang pengamanan informasi yang diakui secara internasional. ISO 27001 merupakan dokumen standar sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management System.

Information Security Management System (ISMS) adalah suatu cara untuk melindungi dan mengelola informasi berdasarkan pendekatan yang sistematis terhadap risiko bisnis, untuk mempersiapkan, mengimplementasikan, mengoperasikan, mengawasi, meninjau kembali, memelihara, serta meningkatkan pengamanan informasi dengan memastikan beberapa hal berikut ini:

  • Kerahasiaan (confidentiality): memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Integritas (integrity): memastikan bahwa informasi tetap akurat dan lengkap, serta informasi tersebut tidak dimodifikasi tanpa otorisasi yang jelas.
  • Ketersediaan (availability): memastikan bahwa informasi dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.

ISO 22000
ISO 22000 merupakan standar sistem manajemen keamanan pangan global untuk seluruh rantai pasokan makanan, dari mulai petani dan produsen ke pengolah dan pengepak, hingga transportasi dan penjualan. Hal ini meluas ke pemasok produk-produk dan jasa-jasa non-makanan seperti pabrikan pembersihan dan peralatan, dan bisa juga diterapkan oleh organisasi dalam berbagai besaran (ukuran).

ISO 22000 dikenal di seluruh rantai pasokan makanan dan sertifikasi menjadi salah satu cara untuk menjadikan diri kita pilihan pemasok. Sertifikasi ISO 22000 secara umum menunjukkan komitmen Anda terhadap keamanan pangan. Hal ini berdasarkan pada praktek terbaik nan canggih dan dirancang untuk:membangun kepercayaan para pemangku kepentingan

  • Mengindentifikasi, mengatur, dan mengatasi risiko keamanan pangan
  • Menghilangkan dan mengurangi terjadinya penarikan produk dan proses hukum (pengadilan)
  • Melindungi brand Anda

ISO 31000

ISO 31000 adalah suatu standar implementasi manajemen risiko yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization pada tanggal 13 November 2009. Standar ini ditujukan untuk dapat diterapkan dan disesuaikan untuk semua jenis organisasi dengan memberikan struktur dan pedoman yang berlaku generik terhadap semua operasi yang terkait dengan manajemen risiko.

ISO/TS 29001

Standar yang berlaku di seluruh dunia saat ini untuk sistem manajemen mutu, ISO 9001, adalah salah satu standar generik yang harus memenuhi kebutuhan berbagai jenis industri dan organisasi.  
Karena kebutuhan industri minyak dan gas, sektor ini membutuhkan penerapan persyaratan yang lebih ketat spesifik. Perkembangan ISO / TS 29001 telah memenuhi kebutuhan ini dan telah membawa sistem manajemen mutu yang lebih komprehensif untuk industri minyak dan gas.
ISO / TS 29001 – yang juga diterbitkan sebagai API Q1 – untuk menyediakan dokumen sistem manajemen mutu tunggal untuk memenuhi kebutuhan industri minyak dan gas di seluruh dunia, khususnya organisasi minyak bumi utama, petrokimia dan gas alam, serta peraturan instansi pemerintah. Standar ini juga memberikan dasar untuk kualifikasi sistem manajemen mutu produsen peralatan dan pemasok jasa.

Good Manufacturing Practice (GMP) atau dalam bahasa Indonesia Cara Produksi yang Baik (CPB) pada dasarnya adalah peraturan tentang cara untuk mencapai kualitas yang konsisten dalam produk yang dibuat. Ini berarti bahwa produk yang dibeli pada kenyataanya sama dengan yang diklaim pada label, tepat digunakan, dan tidak terkontaminasi dengan apa pun yang mungkin berbahaya. Food and Drug Administration (FDA) mendefinisikan kualitas suplemen bahwa produk tersebut memenuhi spesifikasi yang ditetapkan untuk identitas, kemurnian, kekuatan, dan komposisi serta telah diproduksi, diberi label, dan diselenggarakan di bawah kondisi untuk mencegah pemalsuan.

Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) pada sebuah pabrik memiliki banyak keuntungan diantaranya:

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  2. Meningkatkan image dan kompetensi perusahaan/organisasi
  3. Meningkatkan kesempatan perusahaan/organisasi untuk memasuki pasar global melalui produk/kemasan yang bebas bahan beracun (kimia, fisika dan biologi)
  4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap produk
  5. Berpartisipasi dalam program keamanan pangan
  6. Menjadi pendukung dari penerapan sistem manajemen mutu


AS 9100
AS 9100 adalah standar internasional khusus untuk sistem mutu industri kedirgantaraan.

Dikenal sebagai AS 9100 di Amerika Utara , EN 9100 di Eropa dan JISQ 9100 di Jepang, standar ini sangat didukung dan diterapkan oleh produsen kedirgantaraan utama termasuk Airbus, Boeing, GEAE dan Rolls - Royce .

Memang, Sertifikasi AS 9100 sudah menjadi kebutuhan dasar yang dituntut oleh semua perusahaan-perusahaan untuk pemasok industri kedirgantaraan.

Berdasarkan persyaratan ISO 9001, AS 9100 sangat fokus terhadap kualitas, keamanan dan teknologi di seluruh industri kedirgantaraan, dan seluruh rantai pemasok dan persyaratan ini berlaku bukan hanya untuk sipil saja tetapi juga militer.

Ikuti artikel inspiratif mengenai Sistem Manajemen Mutu dari Sentral Sistem di sini.

 

——

Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.

 


Kenapa perbaikan atau improvement gagal? Karena kita terbiasa menggunakan cara lama. Jika cara lama memang efektif, tentunya saat ini sudah tidak ada masalah.

team1
Imanuel Iman

CEO Sentral Sistem

Why Us

artikel1

Sebagai Konsultan Manajemen Strategi, Sentral Sistem memahami dengan baik permasalahan yang menghambat perusahaan untuk melakukan improvement. Seperti masih menggunakan mindset (pola pikir) lama, keengganan untuk berubah, ketidakpahaman akan proses teknologi dan hambatan lainnya.

LEARN MORE

Our Services

artikel1

Dengan metode yang unik dalam setiap servis, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk berkembang lebih baik lagi

LEARN MORE