Sentral Approach Audit

Sering kali pelaksanaan internal audit di perusahaan hanya sekadar melakukan audit berdasarkan prosedur. Memeriksa apakah prosedur dijalankan atau tidak.

Jika prosedur tidak dijalankan berarti terjadi pelanggaran (non-comformity) sedangkan jika dijalankan berarti tidak terjadi pelanggaran (compliace). Namun yang sering terjadi pada banyak perusahaan, prosedur berjalan namun tidak menghasilkan efektifitas.

Oleh karena itu, Sentral Sistem mengembangkan Sistem Audit berbasis Peningkatan Kinerja (Improvement). Sebagai gambaran, berikut ini kami paparkan pebedaan Compliance Audit dengan Improvement Audit.

Compliance Audit

Melakukan pengecekan kesesuaian sistem dibandingkan dengan pelaksanaan. Audit memeriksa apakah sistem dijalankan dengan konsisten atau tidak.

Improvement Audit

Lebih fokus pada pencapaian output dan atau permasalahan pada proses. Audit dimulai dari identifikasi pencapaian tujuan proses dan atau permasalahan yang terjadi pada proses. 

Improvement Audit bertujuan untuk melihat kelemahan sistem manajemen terkait dengan performa perusahaan dan atau permasalahan yang terjadi.

Improvement Audit telah kami lakukan beberapa kali pada perusahaan dan memberikan hasil yang sangat baik. Beberapa improvement yang telah berhasil dilakukan melalui program ini:

  • Berhasil mengidentifikasi permasalahan sering kurangnya produk yang mengakibatkan perusahaan kehilangan kesempatan menjual lebih banyak (perusahan trading).
  • Berhasil menurunkan reject pada hasil produksi. Audit menemukan bahwa perusahaan masih terfokus pada kontrol produk bukan pada kontrol proses yang menjadi faktor penyebab kecacatan (defect). Setelah dilakukan perbaikan pada sistem kontrol produksi, reject menjadi turun.
  • Berhasil melakukan efisiensi dalam proses pengadaan barang. Hasil audit menemukan kelemahan dalam pengendalian stok, yang berakibat pada pembelian barang yang seharusnya tidak urgent menjadi urgent.

Metode Apa yang Dilakukan oleh Sentral Sistem dalam Melakukan Audit Sistem Perusahaan?

Audit Sistem Perusahaan, baik Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Lingkungan, Energi, maupun Bisnis sebaiknya tidak hanya dilakukan untuk memeriksa pemenuhan terhadap persyaratan atau audit kesesuaian pelaksanaan prosedur kerja. AUDIT sebaiknya lebih diarahkan untuk melihat Pencapaian Kinerja. Bagaimana Sistem Manajemen Mutu, K3, Lingkungan, Energi, Bisnis DAPAT MEMBANTU PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA.

Dalam mengembangkan Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Lingkungan, Energi maupun Bisnis, Sentral Sistem berprinsip bahwa ukuran efektifitas sistem bukan dilihat dari konsistensi penerapan sistem melainkan diukur dari peningkatan kinerja. Bisa saja perusahaan sudah menerapkan sistem secara konsisten namun jika pada kenyataannya kinerja perusahaan tidak membaik maka sistem masih belum efektif.

Sentral Sistem memberikan pelayanan audit yang mengedepankan kinerja perusahaan. Dimulai dari mempelajari pencapaian kinerja, melihat prosedur yang ada dan bagaimana pelaksanaannya. Lebih dari sekadar audit kesesuaian (Compliance Audit) yang hanya menggunakan standar atau prosedur sebagai acuan dan cenderung hanya memeriksa kesesuaian pelaksanaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Audit Sistem Perusahaan dari Sentral Sistem, silakan menghubungi kami di 021-29067201-3 atau email ke sspm@sentral-sistem.com.