Sentral Approach Calibration

Keputusan diambil berdasarkan hasil pengukuran, misalnya ketika timbangan menyatakan berat beras adalah 100 kg, maka kita percaya bahwa beras tersebut benar beratnya adalah 100 kg. Apabila alat ukur yang digunakan tidak akurat, maka keputusan yang diambil juga menjadi tidak akurat. Itulah sebabnya kita harus memastikan alat ukur  yang kita gunakan memiliki akurasi yang baik, sehingga keputusan yang diambil menjadi tepat.  

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, alat ukur harus dikalibrasi. Saat alat ukur di pom bensin menyatakan 10 liter,  adalah benar bahwa yang keluar adalah 10 liter, saat incubator bayi menyatakan temperature incubator 30° celcius,  adalah benar bahwa suhu pada incubator adalah 30° celcius.

Kalibrasi alat harus dilakukan secara rutin untuk menjamin keakurasian alat. Namun perlu juga dipahami bahwa sertifikat kalibrasi bukan sertifikat laik pakai alat. Sertifikat kalibrasi hanya menyatakan besaran penyimpangan alat. Perusahaan perlu mempelajari besaran penyimpangan dan memutuskan kelayakan dari suatu alat untuk bisa digunakan.

Sentral Sistem Calibration, tidak hanya sekadar melakukan jasa kalibrasi namun juga memberi informasi terkait manajemen pengendalian alat. Pada setiap proses pelaksanaan kalibrasi, Sentral Sistem memberi informasi :

  1. Cara membaca hasil kalibrasi ?
  2. Melakukan adjustment alat yang bisa disesuaikan atas persetujuan client tanpa biaya tambahan?
  3. Melakukan kalibrasi ulang setelah alat disesuaikan (adjustment)?
  4. Memberi informasi kerusakan alat saat alat diterima oleh Laboratorium, analisa kemungkinan penyebab kerusakan dan informasi cara penanganan alat yang baik
  5. Dan informasi lainnya seputar manajemen pengendalian alat ukur?

Selain melakukan kalibrasi, dengan kepresisian alat yang dimiliki oleh Sentral Sistem, kami juga membantu Perusahaan untuk melakukan pengukuran terhadap benda atau parameter mesin dengan tingkat kepresisian tinggi.

Baca juga: Program Kalibrasi yang Ditawarkan oleh Sentral Sistem

--

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kalibrasi alat ukur, segera hubungi sspm@sentral-sistem.com atau nomor 021-29067201-3.