Rumus Matematika untuk Terhindar dari Krisis dan Tumbuh Lebih Cepat

Oleh: Imanuel Iman

CEO Sentral Sistem Consulting

Penulis Buku Transforming Organization

 

 

Kesiapan + Krisis = Bertahan
Kesiapan + Peluang = Tumbuh Lebih Cepat

Bagaimana cara kita menerapkan rumus matematika tersebut dalam perusahaan?

Kita perlu jeli mengamati situasi saat ini yang bisa mempengaruhi masa depan!
Baik itu pengaruh negatif ataupun positif, kemudian melakukan tindakan untuk MEMPERSIAPKAN DIRI menghadapi krisis atau menangkap peluang, sehingga rumus matematikanya bekerja.

Contoh Penerapan Rumus Matematika 1 (KESIAPAN + KRISIS = BERTAHAN)

1. Sebagai perusahaan konsultan, kemunculan covid tentu sangat membuat resah. Semua perusahaan fokus menangani covid. Kami, Sentral Sistem Consulting menyadari itu dan segera melakukan persiapan untuk mencari peluang di tengah krisis dan bersiap menghadapi penurunan penjualan. Bersyukur, akhirnya Sentral Sistem Consulting berhasil melewati krisis tanpa ada pengurangan karyawan dan pengurangan benefit! Bahkan kami masih bisa membayarkan uang pensiun ke driver kami yang sudah mengabdi belasan tahun sebanyak 110 juta!

2. Contoh lain adalah keberhasilan Indonesia menghadapi covid. Kunci utama keberhasilan Indonesia bukanlah terletak pada pelaksanaan vaksinasi melainkan KESIAPAN untuk melaksanakan vaksin. Saat itu pemerintah bekerja cepat memesan ratusan juta vaksin dari berbagai negara, sehingga bisa mendapatkan vaksin yang cukup untuk 270 juta penduduk Indonesia (Negara no 4 terpadat di dunia). Coba Anda bayangkan jika Indonesia terlambat memesan, maka akan terjadi kelangkaan vaksin yang akan membuat Indonesia krisis besar.

Setelah membahas contoh aktual penerapan rumus 1, sekarang kita bahas contoh aktual penerapan rumus matematika 2 (Kesiapan + Peluang = Tumbuh Lebih Cepat)

Contoh Penerapan Rumus Matematika 2 (KESIAPAN + PELUANG = TUMBUH LEBIH CEPAT)

Sekarang ini dunia bisnis terus bergerak lebih cepat, bergerak secara eksponensial akibat percepatan pertumbuhan teknologi. Oleh karena itu perusahaan harus mulai membuat persiapan untuk bisa menjalankan bisnis di masa depan. Perusahaan perlu mempersiapkan diri untuk bisa mengadopsi sistem digital, sistem otomasi, sistem digital marketing, dan teknologi lainnya untuk bisa menangkap peluang yang akan tercipta di masa depan. Jika terlambat, maka peluang itu akan lenyap begitu saja diambil oleh kompetitor atau pemain baru yang lebih siap.

Demikian juga dengan kami, Sentral Sistem terus berbenah untuk menciptakan digital sistem, mulai dari sistem berbasis digital, hingga training berbasis digital. Kami pun mengembangkan sistem pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman, yaitu sistem pembelajaran “Problem Based Learning” seperti yang sudah kami publish di Youtube Sentral Sistem.

Susah? Tentu saja susah. Kita ini seperti bekerja untuk sesuatu yang belum ada hasilnya. Dorongan untuk berhenti sangat besar karena hasilnya belum terasa, tapi biaya terus keluar, apalagi sekarang ini masih dalam fase penyembuhan.

Tapi hal ini penting untuk menangkap peluang di masa depan. Oleh karena itu, siapkan budget untuk pengembangan, perlakukan ini sebagai bagian dari intangible asset. Pembelian asset yang di depresiasikan seperti asset fisik lain sehingga tetap ada tolok ukurnya.

Jadi, tidak ada kata krisis jika kita memiliki kesiapan. Krisis hanya terjadi untuk mereka yang tidak siap!

Salam Improvement
There is always room for improvement !